Bertemu Kamu, Blog!

Assalamualaikum Wr.Wb.

Hallo rekan sejawat dan generasi cendekia pendidikan. 

Merajalelanya Si Korona alias Covid-19, tentulah berdampak di berbagai sektor kehidupan, termasuk diantaranya di sektor pendidikan. Apa saja dampaknya? Yups, sebab demi menghentikan penyebaran Si Korona ini, semua siswa dan gurunya belajar dari rumah, yang mendadak dilakukan tanpa persiapan sama sekali.  Ketidaksiapan semua unsur dalam pendidikan menjadi kendala yang besar juga, adanya perubahan cara belajar mengajar dari tatap muka atau luring (luar jaringan) menjadi daring (dalam jaringan) membutuhkan kesiapan dari semua unsur, dimulai dari pemerintah, sekolah, guru, siswa dan orang tua, diakui memang pemerintah melonggarkan sistem penilaian pendidikan disesuaikan dengan keadaan darurat asalkan pembelajaran tetap dapat berlangsung tanpa harus di bebani dengan pencapaian kompetensi. Tapi apakah semua bisa berjalan dengan 'baik-baik saja'? oh tentu tidak. Semua tak semudah membalikkan telapak tangan. Semua tetap butuh yang namanya adaptasi ya dan beradaptasi dengan keadaan seperti ini tentu membutuhkan waktu yang tidak hanya sebentar lho.
 
Luar biasa bukan dampak Si Korona ini saudara-saudara?😏
Hmm... itulah kehidupan. Tetapi kita harus ingat bahwasanya setiap peristiwa yang terjadi di kehidupan ini tentu ada hikmah didalamnya. Si Korona yang datang dalam kehidupan kita, selain membawa buanyak dampak negatif ternyata juga mendorong terbangunnya kegiatan positif. Apa sih dampak positif dari adanya pandemi ini di bidang pendidikan, terutama bagi para guru? 

Yups, adanya pandemi korona menimbulkan keinginan dari guru dan penggerak pendidikan lainnya untuk berinovasi di tengah pandemi. Bapak/ibu guru mulai bergerilya menemukan trik-trik dan metode pembelajaran yang efektif untuk siswa-siswanya, Selain itu, mereka akan sibuk dengan aplikasi-aplikasi 'baru' yang mendukung pembelajarannya, baik itu di dapat secara otodidak maupun dari hasil mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan daring.

Blog yang saya buat ini merupakan salah satu buah dari hasil gerakan insan penggerak di dunia pendidikan yang tentu tidak diragukan lagi kemampuannya. Waaw...Ini adalah kali pertama Bu Ifah membuat tulisan di blog, yah walaupun sebenarnya blog itu sendiri bukan barang baru yaa buat yang suka otak-atik dan wira-wiri di dunia internetnya. Tapi tetap saja, ini pengalaman yang super sekali ya buat saya sendiri😍. 

Bismillah...
Bu Ifah awali terbentuknya blog ini. Semoga nantinya bisa terus konsisten menulis dan menuangkan ide-ide pembelajaran yang didapat di sekolah dalam blog ini.Blog ini dibuat untuk sekedar berbagi pengalaman dalam pembelajaran maupun hal-hal yang berbau keilmuan pendidikan  untuk berbagai kalangan, dari pelajar, mahasiswa, rekan guru, maupun orang tua. 

Berawal dari kegiatan belajar melalui Whattsapp "Belajar Nge-BLOG PGRI Musi Rawas" dengan dipandu oleh Bapak Johan Wahyudi dengan narasumber hebatnya, bapak guru senior yang luar biasa, yakni Bapak Susanto, S.Pd.SD., akhirnya terwujud juga keinginan terpendam yang dulunya hanya di angan-angan saya saja untuk ngeblog. Terima kasih saya ucapkan kepada tim hebat ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada PGRI Musi Rawas yang telah memberikan wadah bagi kami, para guru untuk mengasah kemampuan dalam dunia teknologi.

Bertemu Kamu, Blog! gurnulis.id.
Inspirator bloger Musi Rawas: Bapak Susanto (kiri) dan sekretaris PGRI Musi Rawas (kanan)

Ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada senior, master, orang terkasih yang telah mengajarkan saya dengan penuh kesabaran dalam mengotak-atik blogger yang baru saya buat, yakni paksu (baca: Pak Suami) tercinta, Mr. Bondan Setiawan. Hahaa, kadang harus berulang-ulang ya menjelaskan ilmunya. Maafkanlah, memang masih pemula, banyak melongo-nya. hehehhe....
 
Bertemu Kamu, Blog! gurnulis.id.
Paksu tercintrong
 
Ending-nya...
Satu kata motivasi untuk kita, khususnya saya pribadi, “Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen". 

 

"Belajar bisa di mana saja, kapan saja, dan bersama siapa saja".

Semangat berkarya, kawan!
 
Wassalamualaikum Wr.Wb.




Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

4 Komentar untuk "Bertemu Kamu, Blog!"

  1. Mantap....luar biasa..istri pak bondan ini

    BalasHapus
  2. Wah, matursuwun Bu Tami.. Masih terus belajar ini. Mau ikutan hebat kayak sampean...

    BalasHapus
  3. Tulisan awal malah baru sempat membaca. Puji syukur, alhamdulillaah. Semoga bermanfaat bagi sesama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih sudah menyalakan semangat kami🙏

      Hapus

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel