RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Penulis kini memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1 lho. RPP ini merupakan RPP dalam format penyederhanaan hingga menjadi satu lembar. Kalau Sahabat sedang mencarinya, artinya sahabat menemukan blog yang tepat.
 
Kita kupas sekilas mengenai pengertian RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1 ini mengikuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen yang dimaksud hanya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, para guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1 ini adalah permudahan tugas guru. Para guru seringkali diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci hingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Sebenarnya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Guru dibebas kan untuk membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1. Silahkan digunakan.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kebersamaan
Subtema  : Subtema 1 Kebersamaan di Rumah
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 7 Kebersamaan
Subtema
 : 1 Kebersamaan di Rumah
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mendengarkan dongeng dan mengamati teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi dongeng fabel dengan percaya diri.
  2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat memahami isi dongeng dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat mengetahui isi dongeng dengan percaya diri.
  4. Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan pecahan 1/2  dengan percaya diri.
  5. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menuliskan pecahan 1/2  secara cermat.
  6. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menentukan pecahan 1/2  secara cermat.
  7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
  8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar kebersamaan di rumah.
    • Siswa mengamati gambar kebersamaan di rumah Siti (mengamati).
    • Siswa mencermati teks kebersamaan di rumah Siti (mengamati).
    • Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
    • Pertanyaan-pertayaan tersebut mengarah  kan pemahaman siswa tentang kebersamaan di rumah. (HOTS)
  • Ayo berdiskusi.
    • Guru membacakan dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”.
    • Siswa mendengarkan dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” yang disampaikan oleh guru. (Collaboration)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks.
    • Guru mengarahkan siswa untuk memperoleh informasi tentang pecahan dari isi teks.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa memandingkan dua gambar yang masing-masing menunjukkan dua bagian donat.
    • Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan alasan mengapa bagian donat pada gambar pertama disebut setengah, sedangkan bagian donat pada gambar kedua tidak disebut setengah.
    • Siswa diminta untuk menuliskan hasil diskusi. (Collaboration, Critical Thingking and Problem Solving)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengerjakan soal latihan, dengan cara melengkapi pernyataan dengan jawaban yang tepat.
    • Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa. (Critical Thingking and Problem Solving)
  • Ayo mencoba.
    • Siswa mempraktikan bunyi birama dua.
    • Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang pertama. Pilih bunyi yang kuat untuk nomor 1.   tong-tek …
    •  Guru meminta siswa untuk melakukan rangkaian bunyi yang kedua. Pilih bunyi yang kuat untuk nomor 1. duk-prok
    • Kemudian guru meminta kedua bunyi dikombinasikan untuk mengiringi lagu cicak.     tong-tek duk-prok Pedoman:  Bunyi kuat diletakkan pada hitungan pertama. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerja sama dengan orang tua:
    • Dengan bantuan orang tuanya, siswa mencari dua contoh bunyi di sekitar rumah. Kemudian, siswa membandingkan antara bunyi kuat dan bunyi lemah. (Mandiri)
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga memberikan kebermanfaatan.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel