RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 2.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sahabat masih bersemangat bergelut untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif bukan? Untuk menambah semangat, kali ini penulis bagikan file RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 2. Kalau Sahabat tengah menggunakan RPP dalam format yang disederhanakan, tentunya bahasan ini sangat membantu.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan oleh guru dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP kurikulum 2013 yang diserhanakan hingga dapat dituangkan dalam satu lembar ini dikembangkan dengan prinsip-prinsip berikut.
  • RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan  silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  • Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik  sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  • Mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung
  • Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  • RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan,  pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  • Keterkaitan dan keterpaduan.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI  dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  • Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan  komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. 
 
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 2 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diingat, Kementerian Pendidikan sendiri tidak membakukan format RPP satu lembar ini, jadi RPP ini adalah RPP satu lembar yang bersifat inspiratif.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema  : Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema
 : 2 Perubahan Lingkungan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
  2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
  3. Melalui kegiatan mencoba, siswa mampu membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah dan air permukaan.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam dan doa (Religius dan Integritas).
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar pada awal Subtema.
    • Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai kondisi lingkungan pada gambar.
    • Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Lingkungan Sahabat Kita serta judul Subtema Perubahan Lingkungan.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks berjudul “Siklus Air Tanah”.
    • Kegiatan membaca dapat dilakukan secara bergantian.
    • Salah seorang siswa membaca satu paragraf, siswa lain mendengarkan.
    • Paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa yang berbeda (Literasi).
    • Siswa menuliskan peristiwa-peristiwa yang terdapat pada bacaan dalam bentuk diagram alir.
    • Kemudian, secara bergantian siswa membacakan hasil pekerjaannya (Mandiri).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
    • Masing-masing kelompok mengerjakan tugas seperti yang ada pada buku siswa (Critical Thinking and Problem Formulation).
  • Ayo mencoba.
    • Guru mengondisikan siswa untuk melakukan percobaan, dengan membuat kelompok terdiri atas 4 – 5 siswa (Gotong Royong).
  • Ayo bercerita.
    • Siswa menuliskan laporan pengamatan hasil kegiatan, lalu membacakannya di depan kelompok-kelompok lain.
    • Hasil pengamatan semua kelompok dapat digunakan sebagai bahan diskusi kelas.
  • Ayo renungkan.
    • Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat simpulan umum tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari itu.
    • Siswa diminta untuk merefleksikan:
      • Pengetahuan apa yang dipelajari siswa hari ini?
      • Keterampilan apa yang siswa latih hari ini?
      • Sikap apa yang siswa kembangkan hari ini? (Mandiri)
  • Kegiatan bersama orang tua. 
    • Bersama orang tuanya, siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan keluarga untuk menjamin ketersediaan air tanah.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis sajikan daftar RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel