Iklan Header

Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka Beserta Contoh Pelaksanaannya

Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat Gurnulis. Penulis memiliki bahasan yang cukup menarik kali ini. Kalau sebelumnya penulis telah berbagi mengenai informasi-informasi berikut,
maka pada kesempatan ini penulis hendak berbagi mengenai prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Dengan ditetapkannya prinsip-prinsip pembelajaran, para pendidik diharapkan dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didiknya, sehingga peserta didik lebih kreatif,  berpikir kritis, dan inovatif. Ayo sama-sama kita pelajari.

Tabel Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Berikut adalah tabel prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.
Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Pada tabel tersebut dipaparkan prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka beserta contoh pelaksanaannya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.
 

Prinsip Pembelajaran yang Pertama

Pada Kurikulum Merdeka, prinsip pembelajaran yang pertama adalah sebagai berikut.
Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
Contoh pelaksanaan dari prinsip pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  • Pada awal tahun ajaran, pendidik berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya. Misalnya, melalui dialog dengan peserta didik, sesi diskusi kelompok kecil, tanya jawab, pengisian survei/ angket, dan/ atau metode lainnya yang sesuai.
  • Pendidik merancang atau memilih alur tujuan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, atau pada tahap awal. Pendidik dapat menggunakan atau mengadaptasi contoh tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang disediakan oleh Kemendikbudristek.
  • Pendidik merancang pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik mengalami proses belajar sebagai pengalaman yang menimbulkan emosi positif.
 

Prinsip Pembelajaran yang Kedua

Pada Kurikulum Merdeka, prinsip pembelajaran yang kedua adalah sebagai berikut.
Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Contoh pelaksanaan dari prinsip pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  • Pendidik mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan.
  • Pendidik senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan.
  • Pendidik menggunakan pertanyaan terbuka yang menstimulasi pemikiran yang mendalam.
  • Pendidik memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun sikap pembelajar mandiri.
  • Pendidik memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.
  • Pendidik memberikan tugas atau pekerjaan rumah  ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan dengan mempertimbangkan beban belajar peserta didik.
  • Pendidik merancang pembelajaran untuk mendorong peserta didik terus meningkatkan kompetensinya melalui tugas dan aktivitas dengan tingkat kesulitan yang tepat.

Prinsip Pembelajaran yang Ketiga

Pada Kurikulum Merdeka, prinsip pembelajaran yang ketiga adalah sebagai berikut.
Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
Contoh pelaksanaan dari prinsip pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  • Pendidik menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensi, misalnya  belajar berbasis inkuiri, berbasis projek, berbasis masalah, dan pembelajaran terdiferensiasi.
  • Pendidik merefleksikan proses dan sikapnya untuk memberi keteladanan dan sumber inspirasi positif bagi peserta didik.
  • Pendidik merujuk pada profil pelajar Pancasila dalam memberikan umpan balik (apresiasi maupun koreksi)

Prinsip Pembelajaran yang Keempat

Pada Kurikulum Merdeka, prinsip pembelajaran yang keempat adalah sebagai berikut.
Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
Contoh pelaksanaan dari prinsip pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  • Pendidik menyelenggarakan pembelajaran sesuai kebutuhan dan dikaitkan dengan dunia nyata, lingkungan, dan budaya yang menarik minat peserta didik.
  • Pendidik merancang pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi interaksi yang terencana, terstruktur, terpadu, dan produktif antara pendidik dengan peserta didik, sesama peserta didik, serta antara peserta didik dan materi belajar.
  • Pendidik memberdayakan masyarakat sekitar, komunitas, organisasi, ahli dari berbagai profesi sebagai narasumber untuk memperkaya dan mendorong pembelajaran yang relevan.
  • Pendidik melibatkan orang tua dalam proses belajar dengan komunikasi dua arah dan saling memberikan umpan balik.
  • Pada PAUD, pendidik menggunakan pendekatan  multibahasa berbasis bahasa ibu juga dapat digunakan, utamanya bagi peserta didik yang tumbuh di komunitas yang menggunakan bahasa lokal.
  • Pada SMK,  terdapat pembelajaran melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di dunia kerja atau tempat praktik di lingkungan sekolah yang telah dirancang sesuai dengan standar dunia kerja, menerapkan sistem dan budaya kerja sebagaimana di dunia kerja, dan disupervisi oleh pendidik/instruktur yang ditugaskan atau memiliki pengalaman di dunia kerja yang relevan.
  • Pada SMK, pendidik dapat menyelenggarakan pembelajaran melalui praktik-praktik kerja bernuansa industri di lingkungan sekolah melalui model pembelajaran  industri (teaching factory).

Prinsip Pembelajaran yang Kelima

Pada Kurikulum Merdeka, prinsip pembelajaran yang kelima adalah sebagai berikut.
Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Contoh pelaksanaan dari prinsip pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  • Pendidik berupaya untuk mengintegrasikan kehidupan keberlanjutan (sustainable living) pada berbagai kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan bumi, misalnya menggunakan sumber daya secara bijak (hemat air, listrik, dan lain-lain), mengurangi sampah, dan sebagainya.
  • Pendidik memotivasi peserta didik untuk menyadari bahwa masa depan adalah milik mereka dan mereka perlu mengambil peran dan tanggung jawab untuk masa depan mereka.
  • Pendidik melibatkan peserta didik dalam mencari solusisolusi permasalahan di keseharian yang sesuai dengan  tahapan belajarnya.
  • Pendidik memanfaatkan projek penguatan profil pelajar  Pancasila untuk membangun karakter dan kompetensi  peserta didik sebagai warga dunia masa depan.
 

Referensi

Prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka beserta contoh pelaksanaannya ini tertuang dalam panduan pembelajaran dan asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah yang file-nya dapat sahabat Gurnulis unduh pada tautan berikut.
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka Beserta Contoh Pelaksanaannya"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel