Iklan Header

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMA dan MA

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMA dan MA - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMA dan MA yang terdiri dari Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Rekayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan.
 
Halo Sahabat Pendidik SMA. Alhamdulillah kita bertemu lagi dengan blog Gurnulis tercinta ini ya. Pada kesempatan sebelumnya penulis telah berbagi mengenai informasi-informasi berikut.
Nah, pada kesempatan ini penulis hendak mengajak para Sahabat untuk berliterasi mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMA dan MA. Ayo sama-sama kita kupas.

Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila itu apa sih? Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
 
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan SMA ataupun MA dilakukan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, maupun waktu pelaksanaan.
 
Projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dilakukan secara terpisah dari  kegiatan intrakurikuler. Tujuan, muatan, maupun kegiatan pembelajaran dari projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan SMA ataupun MA dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
 
Projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMA dan MA mendapat alokasi waktu  20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun.  Masing-masing projek penguatan profil pelajar Pancasila alokasi waktunya tidak harus sama. Salah satu projeknya dapat saja dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang ataupun lebih pendek. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA dan MA

Pemerintah telah menentukan tema-tema utama dari projek penguatan profil pelajar Pancasila bagi satuan pendidikan SMA dan MA. Tujuan dari upaya ini adalah untuk memudahkan satuan pendidikan dalam menentukan topik projek yang sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan SMA ataupun MA adalah sebagai berikut.
  1. Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan". Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Tema ini pun ditujukan bagi peserta didik untuk membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
  2. Tema "Kearifan Lokal". Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi  budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Peserta didik diminta mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.
  3. Tema "Bhinneka Tunggal Ika". Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan,  belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. Melalui tema ini juga, peserta didik diharapkan dapat mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
  4. Tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya".  Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Pada tema ini pula, peserta didik dapat melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta  berupaya mencari jalan keluarnya. Pada tema ini, peserta didik diajak untuk menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
  5. Tema "Suara Demokrasi". Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA menggunakan kemampuan berpikir sistem. Peserta didik diajak untuk menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja
  6. Tema "Rekayasa dan Teknologi".  Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Melalui tema ini, peserta didik diharapkan dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi. 
  7. Tema "Kewirausahaan". Tema ini ditujukuan untuk mengarahkan peserta didik SMA dan MA mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui tema ini juga, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga dapat membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk  menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Referensi

Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMA dan MA ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Keputusan Menteri tersebut dapat diunduh pada tautan berikut. 
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai tema-tema utama profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan SMA dan MA, ya Sahabat Gurnulis. Semoga bermanfat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMA dan MA"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel