Iklan Header

Unduh ATP Bahasa Indonesia Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.

Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Halo Sahabat Gurnulis. ATP adalah Alur Tujuan Pembelajaran yang memiliki fungsi sebagaimana silabus pada kurikulum sebelumnya. ATP digunakan untuk merencanakan dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Untuk membaca bahasan yang lebih lengkapnya, Sahabat dapat mengakses artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka".

Pada Kurikulum Merdeka ini, ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dapat disusun berdasarkan 3 hal ini:
  1. merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
  2. mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
  3. menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Pada kesempatan ini, penulis hendak berbagi contoh ATP. Penulis pun menyediakan link download ATP adalah Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Tautannya terdapat di bawah deskripsi.

Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
 
 

Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR  BAHASA INDONESIA JENJANG SEKOLAH DASAR (SD) FASE A KELAS 1

Rasional

Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup materi yang saling berhubungan dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi sikap secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam  berbagai tujuan,  khususnya yang berkaitan dengan  membaca dan menulis).

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir merupakan fondasi dari kemampuan literasi. Semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial menggunakan kemampuan literasi. Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia. Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan, berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan. Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir-struktur-khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan (explaining, building the   context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction). Di samping pedagogi genre, pembelajaran bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan model-model lain sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia akan membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Capaian Pembelajaran (CP) Ke-1

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Pelajar mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Pelajar mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.

Tujuan Pembelajaran
1.1* Pelajar dapat menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan guru terkait aktivitas pengelolaan diri: ciri fisik manusia, fungsi anggota tubuh, dan merawat kebersihan tubuh dengan menggunakan kata – kata sendiri.

Perkiraan Jumlah Jam

5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit).

Kata/ Frasa Kunci, Topik/ Konten Inti, Penjelasan Singkat
  • Kata/ Frasa kunci: instruksi lisan, pengelolaan diri, merawat tubuh.
  • Topik/ Konten Inti: Menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan.
  • Penjelasan Singkat: Fokus pada pembelajaran ini, Pelajar belajar untuk menyimak instruksi yang disampaikan oleh guru secara lisan kemudian mempraktikkannya

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri : Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif.

Glosarium
Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas).

Capaian Pembelajaran (CP) Ke-2
Idem dengen Capaian Pembelajaran (CP) ke-1.

Tujuan Pembelajaran
1.2 Pelajar dapat memilih teks yang disukainya terkait topik menjaga kesehatan diri dan menentukan informasi penting dari teks audiovisual dan teks aural (teks yang dibacakan) tersebut.

Perkiraan Jumlah Jam
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit).

Kata/ Frasa Kunci, Topik/ Konten Inti, Penjelasan Singkat
  • Kata/ Frasa kunci: menentukan informasi penting, teks audiovisual, teks aural.
  • Topik/ Konten Inti: Informasi penting.
  • Penjelasan Singkat: Fokus pembelajaran adalah menemukan dan menentukan informasi penting dari sebuah teks audiovisual dan teks aural. Kegiatan yang disarankan adalah pemberian pertanyaan – pertanyaan pemantik dari guru terkait isi teks.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis: Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium
  • Informasi: pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.
  • Instruksi: perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas).

Capaian Pembelajaran (CP) Ke-3
Idem dengen Capaian Pembelajaran (CP) ke-1.

Tujuan Pembelajaran
1.3 Pelajar dapat membuat simpulan sederhana dari teks naratif yang sesuai jenjangnya serta sesuai dengan minat Pelajar (beragam topik yang dapat ditawarkan pada siswa adalah panca indera dan anggota tubuh, peran diri dan anggota keluarga dalam lingkungan terdekat, benda hidup dan benda mati, cuaca dan siang malam dan perubahan waktu).

Perkiraan Jumlah Jam
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit).

Kata/ Frasa Kunci, Topik/ Konten Inti, Penjelasan Singkat
  • Kata/ Frasa kunci: simpulan sederhana, teks naratif.
  • Topik/ Konten Inti: Membuat/ menulis simpulan sederhana dari teks naratif.
  • Penjelasan Singkat: Fokus pembelajaran adalah Pelajar membuat/ menulis simpulan sederhana berdasarkan informasi penting yang diperolehnya dari teks naratif. Sebelumnya, guru perlu mengidentifikais bakat serta minat Pelajar untuk menyesuaikan teks naratif yang dapat dipilih oleh siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan sesuai dengan minat dan kesukaannya,serta untuk mengekspresikan pikiran dan/ atau perasaannya

Glosarium
  • Informasi: pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.
  • Instruksi: perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas).

Capaian Pembelajaran (CP) Ke-4
Idem dengen Capaian Pembelajaran (CP) ke-1.

Tujuan Pembelajaran
1.4 Pelajar dapat mengklasifikasi kosa kata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/ atau syair lagu).

Perkiraan Jumlah Jam
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit).

Kata/ Frasa Kunci, Topik/ Konten Inti, Penjelasan Singkat
  • Kata/ Frasa kunci: kosa kata anggota tubuh, panca indra, eksplorasi lingkungan (lingkungan alam dan lingkungan buatan).
  • Topik/ Konten Inti: Mengklasifikasi kosa kata.
  • Penjelasan Singkat: Fokus pembelajaran ini adalah Pelajar mengidentifikasi kata-kata yang sering digunakan dan kata-kata baru yang didapat dari teks kemudian mengklasifikasikannya dalam kelompok kosa kata anggota tubuh dan panca indra.

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis: Mengidentifikasi dan mengatur informasi dan gagasan yang sederhana.

Glosarium
  • Indra: alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap (lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar (telinga), dan alat pembantu untuk merasakan ( indra peraba).

Capaian Pembelajaran (CP) Ke-5
Idem dengen Capaian Pembelajaran (CP) ke-1.

Tujuan Pembelajaran
1.5* Pelajar dapat merangkai suku kata (kombinasi kv dan kvk) menjadi kata yang sering ditemui. (kosa kata dan kata yang diambil mengenai benda hidup dan benda mati di sekitar siswa).

Perkiraan Jumlah Jam
5 Jam Pelajaran (5 x 35 menit).

Kata/ Frasa Kunci, Topik/ Konten Inti, Penjelasan Singkat
  • Kata/ Frasa kunci: suku kata, kata yang sering ditemui, kombinasi (kv dan kvk).
  • Topik/ Konten Inti: merangkai suku kata menjadi kata yang sering ditemui.
  • Penjelasan Singkat: fokus pembelajaran ini, pxelajar belajar untuk mengidentifikasi pola pembentukan suku kata, terutama pola kombinasi (kv dan kvk). Guru dapat memulai dengan menampilkan beberapa gambar dan kata dengan kombinasi kv dan kvk.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif: Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/ atau perasaannya.

Glosarium
Kombinasi: gabungan beberapa hal (pengertian, perkara, warna, pasukan, dan sebagainya).
Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis

Penutup

Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Tetap semangat dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP Bahasa Indonesia Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel