Iklan Header

Unduh ATP Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh ATP Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.

Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Halo Sahabat Gurnulis. ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran berfungsi sama halnya dengan silabus. ATP digunakan untuk merencanakan dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Bahasan lengkapnya dapat sahabat baca dalam artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka" yang telah penulis sajikan.

Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah ini:
  1. merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
  2. mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
  3. menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis menyediakan link download ATP di bawah deskripsi.

Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Seni Rupa
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
 
 

Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR  SENI RUPA SEKOLAH DASAR (SD) FASE A KELAS 1

ATP SENI RUPA
Fase A Kelas 1
Alur Tujuan Pembelajaran Fase A.1
  • Pada Alur Pembelajaran RUP.A.JLR.1.1 Mengenal dan mengidentifikasi unsur rupa garis dan bentuk geometris (4 JP) terdiri dari tujuan pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut.
    • Tujuan pembelajaran.
      • Mengenal    dan    mengidentifikasi    jenis-jenis garis berdasarkan arah dan bentuk
        • garis lurus dan lengkung;
        • garis vertikal, horizontal, dan diagonal.
      • Mengenal dan mengidentifikasi bentuk geometris di lingkungan sekitar
        • persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, setengah lingkaran, layang-layang.
    • Profil Pelajar Pancasila: bernalar kritis.
  • Pada Alur Pembelajaran RUP.A.JLR.1.2 Menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris dalam karya 2 atau 3 dimensi (6-8 JP) terdiri dari tujuan pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut.
    • Tujuan pembelajaran.
      • Siswa dapat menggunakan unsur rupa garis dan bentuk    geometris    pada    kegiatan menggambar/membentuk/melipat/memotong dan menempel dengan panduan guru.
    • Profil Pelajar Pancasila: kreatif.
  • Pada Alur Pembelajaran RUP.A.JLR.1.3 Mengenal Warna: Primer & Sekunder (4 JP) terdiri dari tujuan pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut.
    • Tujuan pembelajaran.
      • Siswa dapat mengindentifikasi warna primer dan sekunder melalui kegiatan mewarnai dan mencampur warna dengan pewarna kering/basah: crayon/ pensil warna/ cat air/ cat poster/ plastik mika.
    • Profil Pelajar Pancasila: kebinekaan global.
  • Pada Alur Pembelajaran RUP.A.JLR.1.4 Menggabungkan unsur rupa garis, bentuk geometris, dan warna dalam sebuah karya (8-10 JP) terdiri dari tujuan pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut.
    • Tujuan pembelajaran.
      • Siswa dapat Menggabungkan unsur rupa garis, bentuk geometris, dan warna dalam sebuah karya 2D atau 3D:
        • gambar/ lukisan/ paper sculpture/ kolase/ seni melipat kertas.
    • Profil Pelajar Pancasila: mandiri.
  • Pada Alur Pembelajaran RUP.A.JLR.1.5 Menjelaskan penggunaan garis, bentuk geometris dan warna pada karya (2-4 JP) terdiri dari tujuan pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut.
    • Tujuan pembelajaran.
      • Siswa dapat menjelaskan secara lisan/ tulisan (berdasarkan pertanyaan pemantik dari guru) dengan sederhana mengenai jenis garis, bentuk geometris, dan warna primer atau sekunder yang digunakan pada karyanya.
    • Profil Pelajar Pancasila: bernalar kritis.

CAPAIAN FASE A BERDASARKAN ELEMEN
  • Elemen mengalami:
    • Siswa mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris.
    • Siswa mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya. Siswa juga mengenali prosedur dasar dalam berkarya
  • Elemen menciptakan:
    • Siswa mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
  • Elemen merefleksikan:
    • Siswa mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
  • Elemen berpikir dan bekerja artistik:
    • Siswa mampu mengenali dan membiasakan diri dengan berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar.
  • Elemen berdampak:
    • Siswa mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan atau minatnya.

TARGET CAPAIAN FASE A (UMUMNYA KELAS 1)

Di akhir kelas 1, siswa mampu:
  1. Mengenali dan menggunakan aneka bentuk dasar geometris dalam merespon obyek untuk menuangkan pengalaman, pengamatan atau meniru bentuk dari lingkungan sekitar serta mengekspresikan perasaan atau minatnya pada karyanya.
  2. Mengenali dan menggunakan aneka jenis garis berdasarkan bentuknya (lurus, bergelombang, zigzag, melengkung, putus-putus) dan arahnya (vertikal, horisontal dan diagonal).
  3. Mengenali karakteristik alat dan bahan yang digunakan dan mulai menunjukkan kesadaran terhadap keutamaan faktor keselamatan bekerja.
  4. Mengkomunikasikan perasaan dan minatnya secara lisan terhadap sebuah karya.

TARGET KONTEN PERTAHUN FASE A (KELAS 1)
Kelas 1
  • TKA1.1 Mengenal dan mengeksplorasi jenis garis berdasarkan bentuk dan arahnya.
  • TKA1.2 Mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometris dan non geometris.
  • TKA1.3 Mengenal dan mengeksplorasi warna.
  • TKA1.4 Mengenal dan mengeksplorasi pilihan pewarna kering.
  • TKA1.5 Menggunting dan menempel dengan aneka alat pemotong dan perekat.
  • TKA1.6 Menggambar hasil observasi.
  • TKA1.7 Mengenal dan mengeksplorasi tekstur dengan teknik menggosok atau menempel.

Kata/ Frasa Kunci

Unsur Rupa, Garis Vertikal, Garis Horizontal, Garis Diagonal, Bentuk Geometris, Bentuk Organis, Warna, Warna Primer, Warna Sekunder, Pola, Keseimbangan,

Konten Inti
Mengenal, mengidentifikasi, dan mengaplikasikan unsur rupa dasar (garis, bentuk, warna)

Glosarium
  1. Unsur rupa: elemen dasar yang membentuk karya seni rupa terdiri dari garis, bentuk, bidang, ruang, warna, tekstur, nilai (value).
  2. Warna primer: warna dasar yang tidak dapat diperoleh dari warna apapun (merah, kuning, biru, putih, hitam).
  3. Warna sekunder: warna yang dihasilkan dari percampuran warna primer (Ungu dari biru dan merah, Jingga dari kuning dan merah, Hijau dari Biru dan kuning).
  4. Bentuk geometris: bentuk yang terukur dan dapat didefinisikan (lingkaran, persegi, persegi panjang, layang-layang, segitiga).
  5. Garis horizontal :  garis mendatar.
  6. Garis vertikal: garis tegak.
  7. Garis diagonal: garis miring.
  8. Paper sculpture: istilah untuk karya 3D (bisa diraba dilihat dari segala arah dan memiliki volume) dari kertas.
  9. Kolase: teknik yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni dengan menempelkan berbagai bahan material dari kertas, kain, plastik atau bahkan menggunakan benda yang sudah jadi (ready made object).

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis

Penutup

Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Terus semangat dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel