Iklan Header

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 1 SD/ MI
Halo sahabat Gurnulis! Penulis kali ini ingin membagikan pemetaan KD kurikulum 2013 ya. KD atau Kompetensi Dasar tentunya bukan lagi hal yang baru bagi kita selaku pendidik, terutama dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Pemetaan KD yang ingin penulis bagikan adalah pemetaan KD Kurikulum 2013  kelas 1 Sekolah Dasar pada kondisi normal. Oh ya, kalau sahabat pendidik ingin membaca tentang seluk-beluk Kompetensi Dasar, sahabat pendidik dapat mengaksesnya pada tautan artikel penulis yang berjudul  Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, ya.

Kompetensi Dasar atau KD sebagaimana yang kita ketahui merupakan bentuk turunan dari Kompetensi Inti atau KI. Kompetensi Dasar berisikan kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah melakukan pembelajaran. Dalam menyusun sebuah silabus maupun RPP, pendidik harus memiliki ancang-ancang pemetaan KD terlebih dahulu. Penyusunan peta Kompetensi Dasar inilah yang seringkali menjadi kendala bagi para pendidik.

Sebelum memetakan KD, penulis ingin menguraikan identitas mata pelajaran, bunyi KD, dan jumlah KD Kurikulum 2013 kelas 1 Sekolah Dasar terlebih dahulu ya. Yuk, simak.

Mata Pelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 SD/ MI

Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar memiliki 6 mata pelajaran yang harus dipelajari. Mata pelajaran tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).

Peserta didik kelas 1 SD/ MI belum diajak untuk mengkaji Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai mata pelajaran mandiri.

Bunyi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 SD/ MI

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada kondisi normal untuk kelas 1 Sekolah Dasar ditetapkan dalam Permendikbud nomor 37 tahuh 2018 tentang perubahan atas Permendikbud nomor 24 tahun 2016.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI, www.gurnulis.id

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 per mata pelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar terinci sebagai berikut.
 

KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’an.
  • 1.2 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil. 
  • 1.3 Menerima adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 
  • 1.4 Menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dansekolah.
  • 1.5 Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja. 
  • 1.6 Menerima dan mengakui makna dua kalimat syahadat.
  • 1.7 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar. 
  • 1.8 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman.
  • 1.9 Meyakini bahwa berkata yang baik, sopan, dan santun sebagai cerminan dari iman. 
  • 1.10 Meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri sebagai cerminan dari iman. 
  • 1.11 Terbiasa bersuci sebelum beribadah.
  • 1.12 Menjalankan salat dengan tertib.
  • 1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s.
  • 1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s.
  • 1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s.
  • 1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Hud a.s.
  • 1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.  

KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya.
  • 2.2 Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. alFatihah dan Q.S. al-Ikhlas.
  • 2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt.
  • 2.4 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt.
  • 2.5 Menunjukkan sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, arRahim, dan al-Malik.
  • 2.6 menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat.
  • 2.7 Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan sesudah belajar.
  • 2.8 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 2.9 Menunjukkan sikap yang baik, sopan, dan santun ketika berbicara.
  • 2.10 Menunjukkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri.
  • 2.11 Menunjukkan perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci.
  • 2.12 Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahamansalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan.
  • 2.13 Menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
  • 2.14 Menunjukkan sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
  • 2.15 Menunjukkan sikap kerja keras dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
  • 2.16 Menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
  • 2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah an harakatnya secara lengkap.
  • 3.2  Memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas.
  • 3.3 Memahami adanya Allah Swt. yangMaha Pengasih dan Maha Penyayang
  • 3.4 Memahami keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
  • 3.5 Memahami makna al-Asmau alHusna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik.
  • 3.6 Memahami makna dua kalimat syahadat.
  • 3.7 Memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar.
  • 3.8 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 3.9 Memahami berkata yang baik, sopan, dan santun.
  • 3.10 Memahami makna bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri.
  • 3.11 Memahami tata cara bersuci.
  • 3.12 Memahami salat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan.
  • 3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
  • 3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
  • 3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
  • 3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
  • 3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.
  • 4.2.1 Melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
  • 4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. a-lFatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
  • 4.3 Menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 
  • 4.4 Menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
  • 4.5 Melafalkan al-Asmau al-Husna: arRahman, ar-Rahim, dan al-Malik.
  • 4.6 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas.
  • 4.7 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
  • 4.8 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 4.9 Mencontohkan cara berkata yang baik, sopan, dan santun.
  • 4.10 Mencontohkan perilaku bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri.
  • 4.11 Mempraktikkan tata cara bersuci.
  • 4.12.1 Melaksanakan salat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan.
  • 4.12.2 Mencontohkan kegiatan agama di sekitar rumahnya.
  • 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
  • 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
  • 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
  • 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
  • 4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Mensyukuri ditetapkannya  bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
  • 1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
  • 1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
  • 1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.

KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap santun,  rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah.
  • 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
  • 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah.

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
  • 3.2  Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan seharihari.
  • 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menjelaskan makna hubung simbol dengan sila-sila Pancasisebagai satu kesatuan dalamkehidupan sehari-hari.
  • 4.2  Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

KD Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
  • 3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yangbenar secara lisan.
  • 3.3 Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
  • 3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
  • 3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
  • 3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
  • 3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
  • 3.10 Menguraikan kosakata hubungan  kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
  • 3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan  kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) dengan benar.
  • 4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
  • 4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
  • 4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/ atau tulis.
  • 4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
  • 4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai  berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana.
  • 4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam  dalam teks tulis dan gambar.
  • 4.8 Mempraktikan ungkapan  terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain  secara lisan dan tulis.
  • 4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk  lisan dan tulis. 
  • 4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan  silsilah keluarga.
  • 4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.

KD Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
  • 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
  • 3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan bendabenda konkret.
  • 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
  • 3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya.
  • 3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
  • 3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan.
  • 3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/ situasi konkret.
  • 3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
  • 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
  • 4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya  dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
  • 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan  penjumlahan dan pengurangan bilangan  yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
  • 4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya.
  • 4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret.
  • 4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan.
  • 4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam  satuan tidak baku dengan menggunakan benda/ situasi konkret.
  • 4.9 Mengurutkan benda/ kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu.

KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
  • 3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
  • 3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
  • 3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
  • 4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
  • 4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
  • 4.4 Membuat karya dari bahan alam.

KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.4 Memahami  menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  • 3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.7 Memahami berbagai pengenalan  aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
  • 3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.

KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
  • 4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  • 4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan  aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/ orang lain dalam aktivitas air.
  • 4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.

Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 1 SD/ MI

Banyaknya KD atau Kompetensi Dasar untuk Kelas 1 SD/ MI dirincikan sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
  • 17 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.17;
  • 17 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.17;
  • 17 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.17; dan
  • 17 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.17.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Bahasa Indonesia terdiri dari
  • 11 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.11 dan
  • 11 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.11.

Matematika terdiri dari
  • 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
  • 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.

Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8 dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 1 SD/ MI

Kompetensi Dasar yang terpaparkan di atas merupakan Kompetensi Dasar untuk satu tahun pembelajaran. KD tersebut terbagi dalam dua semester pembelajaran, yaitu semester 1 dan semester 2. 
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI, www.gurnulis.id
 
Untuk mendapatkan pemetaan KD per semesternya, sahabat pendidik dapat mengunduhnya pada tautan-tautan berikut.


Pemetaan KD yang penulis bagikan ini adalah pemetaan KD milik blog Data Dikdasmen. Hak milik file sepenuhnya adalah milik blog tersebut. Penulis hanya berupaya membagikannya agar sahabat pendidik terbantu proses pembelajarannya.
 

Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel