Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id
Hal-hal yang harus diketahui pendidik mengenai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada kondisi normal dan kondisi khusus di Sekolah Dasar
Halo sahabat Gurnulis. Sudah tahukah sahabat apa yang akan penulis bahas kali ini? Ya, kalau sudah membaca judul artikel ini tentunya sahabat tahu bahwa penulis hendak membahas  Kompetensi  Dasar dalam pembelajaran. Setelah membahas Kompentensi Inti atau KI, kini penulis beralih pada bahasan Kompetensi Dasar.
 
Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, Kompentensi Dasar atau KD bukanlah lagi hal yang baru dalam pembelajaran. Kita sering bersinggungan dengan komponen ini dalam penyusunan silabus maupun RPP. Meski demikian, sudah seberapa pahamkah kita dengan hakikat Kompetensi Dasar ini? Yuk, simak penjelasan penulis mengenainya. Dijamin akan semakin memantapkan pemahaman pedagogik kita.
 

Pengertian Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar dikukuhkan dalam Permendikbud nomor 24 Tahun 2016 dan diperbaharui pada Permendikbud nomor 37 Tahun 2018. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar diturunkan dari Kompetensi Inti. Urutan penurunan kompetensi pembelajaran adalah sebagai berikut.
Standar Kompetensi Lulusan - Kompetensi Inti - Kompetensi Dasar.
 
Kompetensi Dasar merupakan rumusan dari kata kerja dan materi pembelajaran. Penulis contohkan seperti ini, pada Kompetensi Dasar yang berbunyi berikut, 
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 
kita dapatkan bahwa Kompetensi Dasar tersebut tediri dari kata kerja "mengidentifikasi" dan materi pembelajaran "nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari". Analisisnya adalah sebagai berikut.
Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id

Penulis berikan contoh lagi. Apabila kita berhadapan dengan salah satu Kompetensi Dasar yang lain, misalnya
Menggambar dan membentuk tiga dimensi
maka, dapat kita pilah bahwa KD tersebut terdiri dari kata kerja "menggambar dan membentuk" dan materi pembelajaran "bentuk tiga dimensi". Analisisnya adalah sebagai berikut.
Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id

Pembagian Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar dibagi berdasarkan keterbagian Kompetensi Inti. Kompetensi Inti Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar terdiri dari Kompetensi Inti-1 sampai dengan Kompetensi Inti-4. Sahabat pendidik dapat membacanya pada artikel yang telah penulis buat pada tautan ini.
 
Sebagaimana dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar pun terbagi menjadi 4 bagian. Rinciannya adalah sebagai berikut.
  1. Kompetensi Dasar dengan kode 1 merupakan Kompetensi Dasar untuk sikap spiritual.
  2. Kompetensi  Dasar dengan kode 2 merupakan Kompetensi Dasar  untuk sikap sosial.
  3. Kompetensi  Dasar dengan kode 3 merupakan Kompetensi Dasar untuk pengetahuan.
  4. Kompetensi  Dasar dengan kode 4 merupakan Kompetensi Dasar untuk keterampilan.

Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018, Kompetensi Dasar 1 dan 2 diterapkan hanya pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegeraan dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Sementara, Kompetensi Dasar 3 dan 4 diterapkan pada semua muatan pelajaran.

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar pada Kondisi Normal

Acuan pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar pada kondisi normal adalah Permendikbud nomor 37 tahun 2018. Pada pembelajaran normal, Kompetensi Dasar bagi Sekolah Dasar yang memberlakukan Kurikulum 2013 penulis rincikan dalam tautan-tautan berikut.

KD Kondisi Normal Kelas 1
 
KD Kondisi Normal Kelas 6

Kompetensi Dasar Kurikulum Darurat pada Kondisi Khusus

Acuan pemetaan Kompetensi Dasar pada kondisi khusus adalah Kurikulum Darurat Sekolah Dasar yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 719/P/2020 tentang pedoman pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk Kondisi Khusus.

Pada pembelajaran kondisi khusus, Kompetensi Dasar bagi Sekolah Dasar yang memberlakukan kurikulum darurat penulis rincikan dalam tautan-tautan berikut.

KD Kondisi Khusus Kelas 1
 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengkaji Kompetensi Dasar

Rumusan materi pembelajaran yang terkandung dalam setiap Kompetensi Dasar masih bersifat terbuka. Untuk mengkaji Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran, pendidik harus memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi.
  2. Keterkaitan antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.
  3. Keterkaitan antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar antar mata pelajaran

Demikian sekilas penguraian mengenai Kompetensi Dasar (KD) Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Bagaimana sahabat pendidik? Apakah sudah cukup untuk memantapkan pengetahuan pedagogik kita? Ayo ceritakan pada kolom komentar di bawah ini.

Salam literasi guru ndeso.
 
Untuk mencari informasi tentang Kompetensi Dasar yang telah disempurnakan oleh mesin penelusur, sahabat pendidik boleh mencarinya pada bagian di bawah ini.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

8 Komentar untuk "Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar"

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel