Memahami Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Memahami Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id
Hal-hal yang sering terlewatkan dari Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Assalamualaikum... Halo sahabat pendidik, tentunya kita sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah Kompetensi Inti atau KI dalam Kurikulum 2013? Ya istilah tersebut melekat erat dalam penyusunan silabus maupun rencana pelaksanaan pembelajaran kita. Berbicara masalah kompetensi, sudah tahukan kita pengertian darinya? Kita seringkali menggunakannya namun kita tidak tahu apa hakikatnya. Pada artikel kali ini, penulis akan mengupasnya sampai tuntas. Sahabat pendidik siap untuk menyimaknya? Oke, ikuti alur penjelasan penulis ya. Namun sembari menyimak, ada baiknya sahabat pendidik membuka kembali tulisan pendidik tentang rumusan ABCD untuk menentukan tujuan pembelajaran dan kaidah penulisan silabus tematik. Kedua artikel tersebut sangat bermanfaat untuk menggali kembali pemahaman tentang kompetensi pedagogik kita.

Pengertian Kompetensi Inti (KI) dalam Kurikulum 2013

Kompetensi Inti dikukuhkan dalam Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Kompetensi Inti atau KI adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan atau SKL yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas.
Memahami Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id

Fungsi Kompetensi Inti (KI) dalam Kurikulum 2013

Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas atau usia tertentu. Kompetensi Inti memiliki dua fungsi, yaitu menjaga keterhubungan Kompetensi Dasar secara horizontal dan menjaga keterhubungan Kompetensi Dasar secara vertikal. Dengan adanya Kompetensi Inti ini, keterhubungan horizontal berbagai Kompetensi Dasar antar mata pelajaran dapat terkontrol setiap kelasnya. Dengan adanya Kompetensi Inti ini juga, keterhubungan vertikal dari berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang sama (intern mata pelajaran) dapat terkontrol dengan baik.

Bunyi Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Kompetensi inti dirumuskan sebagai dengan formula sebagai berikut.
1. Kompetensi Inti-1 atau KI-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 atau KI-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial.
3. Kompetensi Inti-3 atau KI-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 atau KI-4 untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Bunyi Kompetensi inti pada awalnya dituangkan dalam Permendikbud nomor 24 tahun 2016, namun kemudian diperbaharui dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018 sebagai berikut.
Memahami Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, www.gurnulis.id
Apakah bunyi Kompetensi Inti selalu berbeda setiap tingkatan kelasnya? Ayo, sama-sama kita simak.

Kompetensi Inti Kelas 1 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 1 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Inti Kelas 2 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 2 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Setelah kita simak, ternyata Kompetensi Inti kelas 2 Sekolah Dasar tidak memiliki perbedaan dengan Kompetensi Inti kelas 1.

Kompetensi Inti Kelas 3 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 3 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
Kompetensi Inti kelas 3 Sekolah Dasar agak menaik tingkatannya dari Kompetensi Inti kelas 2. Pada Kompetensi Inti-2 ruang lingkup sikap sosialnya meluas kepada kehidupan bertetangga. Pada Kompetensi Inti-4 ruang lingkup keterampilannya meningkat pada keterampilan yang sistematis.
 

Kompetensi Inti Kelas 4 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 4 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual  dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
Kompetensi Inti kelas 4 Sekolah Dasar dinaikkan tingkatannya dari Kompetensi Inti kelas 3. Pada Kompetensi Inti-1 sikap spiritualnya dinaikkan menjadi menghargai ajaran agama. Pada Kompetensi Inti-3 ruang lingkup pengetahuannya diperluas sampai pada tempat bermain.
 

Kompetensi Inti Kelas 5 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 5 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
Kompetensi Inti kelas 5 Sekolah Dasar dinaikkan satu tingkat dari Kompetensi inti kelas 4. Pada Kompetensi Inti-2, lingkup sikap sosialnya diluaskan hingga menjadi cinta tanah air. Pada kompetensi Inti-3, dimensi pengetahuannya dinaikkan hingga tingkat konseptual dan diperluas pada kegiatan mencoba. Pada Kompetensi Inti-4, dimensi keterampilannya dinaikkan hingga tingkat konseptual dan diperluas pada keterampilan kiritis.
 
Dimensi faktual dan konseptual ini akan penulis bahas pada artikel selanjutnya. Jadi, terus pantau blog Gurnulis ini ya, sahabat pendidik.
 

Kompetensi Inti Kelas 6 Sekolah Dasar

Kompetensi Inti untuk kelas 6 Sekolah Dasar berdasarkan dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Inti kelas 6 Sekolah Dasar tidak memiliki perbedaan dengan Kompetensi Inti kelas 5.
 
Demikianlah bahasan mengenai Kompetensi Inti Pembelajaran Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Semoga apa yang penulis tulis ini semakin memantapkan pemahaman pedagogik kita. Bagaimana sahabat pendidik, apakah sahabat menemukan sesuatu yang baru dari bahasan ini? Baru sadarkah kita kalau Kompetensi Inti kelas 1 ternyata sama saja dengan Kompetensi Inti kelas 2 dan Kompetensi Inti kelas 5 ternyata sama saja dengan Kompetensi Inti kelas 6? Kita seringkali menuliskan komponen ini dalam silabus dan RPP, namun sangat jarang membandingkan dengan komponen yang ada di kelas lain.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

4 Komentar untuk "Memahami Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Sekolah Dasar"

  1. Sangat bermanfaat, Bu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Bu There. Semoga dapat menjadi sarana untuk mengingat-ingat kembali kompetensi pedagogik kita.

      Hapus
  2. Terima kasih semoga ilmunya tambah manfaat buat orang banyak

    BalasHapus

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel