Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 6 SD/ MI
Halo sahabat Gurnulis. Penulis kali ini masih ingin membagikan salah satu perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 ya. Kalau pada artikel sebelumnya penulis mengangkat bahasan tentang pemetaan KD kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD/ MI, maka kali kini penulis hendak membagikan pemetaan KD untuk kelas 6 SD/ MI. Omong-omong, sudah pahamkah sahabat pendidik dengan hakikat Kompetensi Dasar atau KD? Kalau belum sepenuhnya paham, sahabat pendidik dapat memahaminya terlebih dahulu dalam artikel penulis yang berjudul "Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar".
 
Oke, pada artikel kali ini, penulis berupaya mengupas pemetaan KD kelas 6 SD/ MI Kurikulum 2013 dimulai dari macam-macam mata pelajarannya, bunyi KD-nya, jumlah KD-nya, dan yang terakhir pemetaannya. Yuk, ikuti penjabaran penulis.

Mata Pelajaran Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/ MI

Mata pelajaran yang dihadapi oleh kelas 6 SD/ MI memiliki jumlah yang sama dengan mata pelajaran pada kelas 4 dan kelas 5, yaitu 8 buah. Rinciannya adalah sebagai berikut.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila  dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
  7. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Dari kedelapan mata pelajaran tersebut, hanya Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan saja yang berdiri sendiri sebagai mata pelajaran yang mandiri. Selain ketiga mata pelajaran tersebut, tergabung dalam satu pembelajaran tematik.

Bunyi KD Kelas 6 Kurikulum 2013 SD/ MI

Sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018, Kompetensi Dasar (KD) untuk kelas 6 SD/ MI per mata pelajarannya berbunyi sebagai berikut.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI, www.gurnulis.id
 

KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
  • 1.2 Meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal.
  • 1.3 Meyakini adanya hari akhir sebagaiimplementasi pemahaman Rukun Iman.
  • 1.4 Menyakini adanya qadha dan qadar.
  • 1.5 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman.
  • 1.6 Meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
  • 1.7 Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
  • 1.8 Meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s.
  • 1.9 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s.
  • 1.10 Meyakini kebenaran kisah Nabi  Yahya a.s.
  • 1.11 Meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s.
  • 1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
  • 1.13 Meyakini kebenaran kisah sahabatsahabat Nabi Muhammad saw.
  • 1.14 Meyakini kebenaran kisah AshabulKahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. alKafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13.
  • 2.2 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as Samad, al-Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi.
  • 2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir.
  • 2.4 Menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qadha dan qadar.
  • 2.5 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga.
  • 2.6 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama  2.7 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
  • 2.8 Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi
    Yunus a.s.
  • 2.9 Menunjukkan sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Zakariya a.s.
  • 2.10 Menunjukkan sikap patuh dan taat  sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s.
  • 2.11 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Isa a.s.
  • 2.12 Menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
  • 2.13 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
  • 2.14 Menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  •  3.1 Memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. alHujurat/49:12-13
    dengan benar.
  • 3.2 Memahami makna al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi.
  • 3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 3.4 Memahami hikmah beriman kepadaqadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 3.5 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga.
  • 3.6 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun.
  • 3.7 Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
  • 3.8 Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
  • 3.9 Memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
  • 3.10 Memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
  • 3.11 Memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
  • 3.12 Memahami kisah Nabi Muhammad saw.
  • 3.13 Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
  • 3.14 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 
KD-4 (Keterampilan)
  •  4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar.
  • 4.1.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar.
  • 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar.
  • 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar.
  • 4.3 Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 4.4 Menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  • 4.5 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga.
  • 4.6 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. alKafirun.
  • 4.7 Menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
  • 4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
  • 4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
  • 4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
  • 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
  • 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 4.13 Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad
    saw.
  • 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 

KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  • 1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama.
  • 1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
  • 1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
  • 2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
  • 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
  • 2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
  • 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
  • 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
 
KD-4 (Keterampilan)
  •  4.1 Menyajikan hasil analisispelaksanaan nilai-nilai Pancasilan dalam kehidupan sehari-hari.
  •  4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
  • 4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
 

KD Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menyimpulkan informasi  berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
  • 3.2 Menggali isi teks penjelasan  (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
  • 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
  • 3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek:apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
  • 3.5 Membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa.
  • 3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks  formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos,  daftar riwayat hidup, dsb.).
  • 3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja).
  • 3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfikisi.
  • 3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.
  • 3.10 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau  wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  • 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi  dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.
  • 4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.5 Mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi.
  • 4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos,  daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
  • 4.7 Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual.
  • 4.8 Menyampaikan hasil  membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual.
  • 4.9 Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
  • 4.10 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang  dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual.
 

KD Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif  (termasuk menggunakan garis bilangan).
  • 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
  • 3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
  • 3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
  • 3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
  • 3.6 Membandingkan prisma, tabung,  limas, kerucut, dan bola.
  • 3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.
  • 3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari.
  • 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
  • 4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jarijari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
  • 4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
  • 4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung,  limas, kerucut, dan bola.
  • 4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.
  • 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah.
 

KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Membandingkan cara  perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
  • 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.
  • 3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.
  • 3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
  • 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
  • 3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  • 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
  • 4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  • 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel.
  • 4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.6 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.
  • 4.7 Membuat model sistem tata surya.
  • 4.8 Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari.
 

KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
  • 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
  • 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan  dalam lingkup ASEAN.
  • 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  • 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
  • 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
  • 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
 

KD Seni Budaya dan Keterampilan (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami reklame.
  • 3.2 Memahami interval nada.
  • 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
  • 3.4 Memahami patung.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat reklame.
  • 4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik.
  • 4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
  • 4.4 Membuat patung.
 

KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami variasi dan kombinasi  gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
  • 3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 3.5 Memahami latihan kebugaran  jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
  • 3.6 Memahami rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam.
  • 3.7 Memahami penggunaan variasi dankombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.8 Memahami keterampilan salah satugaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri.
  • 3.9 Memahami perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
  • 4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 4.5 Mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
  • 4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam.
  • 4.7 Mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.8 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar penyelamatan diri.
  • 4.9 Memaparkan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi .
 

Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 6 SD/ MI

Jumlah KD Kurikulum 2013 untuk kelas 6 SD/ MI terinci sebagai berikut.
 
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
  • 14 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.14;
  • 14 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.14;
  • 14 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.14; dan
  • 14 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.14.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Bahasa Indonesia terdiri dari
  • 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
  • 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.

Matematika terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8 dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.

Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8 dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.

Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
  • 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
  • 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 6 SD/ MI

Semua KD kelas 6 SD/ MI yang tercantum dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018 terpetakan dalam dua semester, yaitu semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap).
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI, www.gurnulis.id

Pemetaan dari KD tersebut dapat sahabat pendidik unduh pada tautan-tautan berikut.
 
Perlu sahabat pendidik ketahui bahwa file pemetaan KD tersebut adalah milik blog Data Dikdasmen. Penulis hanya berupaya membagikannya untuk mempermudah penyusunan perangkat pembelajaran yang sahabat pendidik lakukan.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI "

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel