Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 5 SD/ MI
Halo sahabat Gurnulis! Kali ini penulis masih mengangkat tema pemberdayaan kompetensi pedagogik kita sebagai pendidik ya. Sebagaimana pada postingan-postingan sebelumnya, penulis ingin berbagi tentang pemetaan KD atau Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 di SD/ MI. Penulis kali ini berfokus pada KD Kelas 5. Oh ya, sebelumnya sudah memahami dengan baikkah sahabat pendidik mengenai hakikat Kompetensi Dasar ini? Kalau belum, ada baiknya sahabat pendidik simak terlebih dahulu penjelasan penulis pada artikel "Memahami Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Dasar" ya.

Sebagaimana yang sudah penulis paparkan pada artikel tersebut, KD atau Kompetensi Dasar adalah kemampuan minimal yang harus peserta didik capai setelah melakukan proses pembelajaran. Untuk dapat dicapai, KD harus terpetakan dengan baik per mata pelajarannya. Apakah sahabat pendidik merasa terkendala dengan pemetaan KD, khususnya pada kelas 5 SD/ MI? Kalau iya, penulis berupaya membantunya.
 
Sebelum masuk pada pemetaan KD, ada baiknya penulis paparkan terlebih dahulu nama-nama mata pelajaran kelas 5 Kurikulum 2013 SD/ MI, bunyi KD-nya, dan jumlah KD-nya, ya. Yuk ikuti penjelasan penulis.
 

Mata Pelajaran Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/ MI

Peserta didik kelas 5 SD/ MI dihadapkan dengan delapan mata pelajaran. Mata pelajaran tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
  7. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
 
Dari kedelapan mata pelajaran tersebut, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Seni Budaya dan Prakarya tergabung secara tematik. Sementara Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berdiri sendiri sebagai mata pelajaran mandiri.
 

Bunyi KD Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/ MI

Kompetensi Dasar kelas 5 Kurikulum 2013 SD/ MI ditetapkan dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI, www.gurnulis.id

Bunyi dari masing-masing KD per mata pelajarannya adalah sebagai berikut.
 

KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
  • 1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri, dan Maha Esa.
  • 1.3 Meyakini keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
  • 1.4 Meyakini adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulNya sebagai implementasi rukun iman.
  • 1.5 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
  • 1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman.
  • 1.7 Meyakini bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman.
  • 1.8 Meyakini bahwa sikap sederhana sebagai cerminan dari iman.
  • 1.9 Meyakini bahwa ikhlas beramal sebagai cerminan dari iman.
  • 1.10 Menjalankan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
  • 1.11 Menjalankan salat tarawih dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya.
  • 1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Dawud a.s. 
  • 1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s.
  • 1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyas a.s.
  • 1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa’ a.s.
  • 1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
  • 1.17 Meyakini kebenaran kisah Luqman sebagaimana terdapat dalam alQur’an.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn.
  • 2.2 Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri, dan teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyum, dan al-Ahad.
  • 2.3 Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
  • 2.4 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulNya.
  • 2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.
  • 2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 2.7 Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia.
  • 2.8 Menunjukkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.9 Menunjukkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari  2.10 menunjukkan sikap sabar dan mengendalikan diri sebagai implementasi pemahaman hikmah puasa Ramadan.
  • 2.11 Menunjukkan sikap tekun sebagai implementasi pemahaman pelaksanaan salat tarāwih dan tadārus al-Qur’an.
  • 2.12 Menunjukkan sikap berani sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Dawud a.s.
  • 2.13 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s.
  • 2.14 Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyas a.s.
  • 2.15 Menunjukkan sikap kerja sama sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa’ a.s.
  • 2.16 Menunjukkan sikap jujur dan peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
  • 2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Luqman sebagaimana terdapat dalam alQur’an.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan baik dan tartīl.
  • 3.2 memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum,
    dan Al-Ahad.
  • 3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
  • 3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasulrasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
  • 3.5 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.
  • 3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 3.7 Memahami makna saling menghargai sesama manusia.
  • 3.8 Memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.9 Memahami makna ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia 
  • 3.11 Memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur’an.
  • 3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
  • 3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. 
  • 3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
  • 3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
  • 3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 3.17 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1.1 Membaca Q.S. at-Tīn dan Q.S. alMā’ūn dengan tartil.
  • 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.
  • 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn dengan lancar.
  • 4.2 Membaca al-Asmau al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayyum, dan Al-Ahad dengan jelas dan benar.
  • 4.3 Menunjukkan hafalan nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
  • 4.4 Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
  • 4.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.
  • 4.6 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 4.7 Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia.
  • 4.8 Mencontohkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.9 Mencontohkan sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.10 Menunjukkan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.
  • 4.11 Mempraktikkan tatacara salat tarawih dan tadarus al-Qur’an.
  • 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
  • 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
  • 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
  • 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
  • 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 4.17 Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
 

KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang  Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • 1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
  • 1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masayarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
  • 1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
  • 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
  • 2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai  Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat.
  • 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat.
  • 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
 

KD Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
  • 3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam  aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
  • 3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
  • 3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
  • 3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
  • 3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
  • 3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
  • 3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi.
  • 3.9 Mencermati  penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.).
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
  • 4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku.
  • 4.3 Menyajikan ringkasan  teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis,
    dan visual.
  • 4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
  • 4.5 Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
  • 4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
  • 4.8 Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi.
  • 4.9 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan.
 

KD Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan dan melakukan  penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
  • 3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
  • 3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu).
  • 3.4 Menjelaskan skala melalui denah.
  • 3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta  hubungan pangkat tiga dengan  akar pangkat tiga.
  • 3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
  • 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan  dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.
  • 3.8 Menjelaskan penyajian data  yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
  • 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
  • 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda
    (kecepatan, debit).
  • 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah.
  • 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus  satuan) melibatkan pangkat tiga  dan akar pangkat tiga.
  • 4.6 Membuat jaring-jaring  bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
  • 4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara
    pengumpulannya.
  • 4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data  yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.
 

KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan alat gerak dan  fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
  • 3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
  • 3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia
    serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
  • 3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.
  • 3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan.
  • 3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan
    sehari-hari.
  • 3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup.
  • 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan.
  • 4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia.
  • 4.3 Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
  • 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.
  • 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.
  • 4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
  • 4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda.
  • 4.8 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dariberbagai sumber.
  • 4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.
 

KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
  • 3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
  • 3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
  • 3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan  bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
  • 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
  • 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
  • 4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
 

KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami gambar cerita.
  • 3.2 Memahami tangga nada.
  • 3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah.
  • 3.4 Memahami karya seni rupa daerah.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Membuat gambar cerita.
  • 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
  • 4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah.
  • 4.4 Membuat karya seni rupa daerah 
 

KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 3.3 Memahami kombinasi gerak dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
  • 3.4 Menerapkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 3.5 Memahami aktivitas latihan daya  tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
  • 3.6 Memahami kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat.
  • 3.7 Memahami  penggunaan kombinasigerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.8 Memahami salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada
    jarak tertentu.
  • 3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menula.
  • 3.10 Memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika,   zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya  lainnya terhadap kesehatan tubuh.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan kombinasi gerlokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan kondisi tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagapermainan bola besar sederhandan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan kombinasi gerdasar lokomotor, non-lokomotodan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan kombinasi gerdasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui
    permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
  • 4.4 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
  • 4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat.
  • 4.7 Mempraktikkan  pengunaan kombinasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti
    irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu.
  • 4.9 Menerapkan konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular.
  • 4.10 Memaparkan bahaya merokok, meminum minuman keras, dan mengonsumsi narkotika,   zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh.

Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 5 SD/ MI

Jumlah Kompetensi Dasar di Kelas 5 SD/ MI dirincikan sebagai berikut.
 
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
  • 17 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.17;
  • 17 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.17;
  • 17 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.17; dan
  • 17 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.17.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Bahasa Indonesia terdiri dari
  • 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
  • 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.

Matematika terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8 dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.

Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari
  • 9 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.9 dan
  • 9 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.9.

Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
  • 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
  • 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.
 

Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 5 SD/ MI

Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018 merupakan Kompetensi Dasar untuk satu tahun pembelajaran. Untuk dapat digunakan dalam pembelajaran diperlukan pemetaan terlebih dahulu.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI, www.gurnulis.id

 

Berikut tautan untuk mendapatkan pemetaan KD Kurikulum 2013 kelas 5 SD/ MI.


 

File-file yang terunduh oleh sahabat pendidik merupakan file milik blog Data Dikdasmen. Penulis hanya berupaya membagikannya kepada sahabat pendidik untuk memermudah proses penyusunan perangkat pembelajaran.


Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel