Iklan Header

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI

Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI, www.gurnulis.id
Mengunduh pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk kelas 4 SD/ MI
Adakah sahabat pendidik yang sedang mencari-cari pemetaan KD atau Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk kelas 4 SD/ MI? Kalau ada, sahabat Gurnulis dapat menyimaknya pada artikel ini. Penulis ingin berbagi pemetaannya. Sambil menyimak, sahabat pendidik penulis sarankan untuk membaca ulasan mengenai Kompetensi Dasar terlebih dahulu ya. Ada informasi penting mengenai KD di sana.
 
Kemampuan minimal yang diharapkan muncul dalam diri peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran disebut Kompetensi Dasar. Kompetensi Dasar ini terdiri dari kata kerja dan materi pembelajaran. Bagaimana dengan pemetaannya? Beberapa pendidik bisa saja mengatakan kalau kegiatan pemetaan KD ini terasa memakan waktu. Bagaimana  tidak, mengidentifikasi Kompetensi Dasar berdasarkan materi yang tertuang dalam buku guru per kegiatan pembelajaran tentu sangatlah rumit. Beruntungnya beberapa pendidik yang telah memetakannya mau berbagi kepada pendidik lain di Indonesia, jadi kendala tersebut dapat terpecahkan.

Di samping mengulas pemetaan KD, penulis pada artikel ini membahas nama-nama mata pelajaran Kurikulum 2013 di kelas 4 SD/ MI, bunyi KD-nya, dan  jumlah KD-nya. Yuk, ikuti pemaparan penulis berikut.
 

Mata Pelajaran Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/ MI

Berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya (kelas 1, kelas 2, dan kelas 3), mata pelajaran yang dihadapi oleh peserta didik berjumlah 8. Rinciannya adalah sebagai berikut.
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
  2. Pendidikan Pancasila  dan Kewarganegaraan (PPKn).
  3. Bahasa Indonesia.
  4. Matematika.
  5. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
  7. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
  8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).


Bunyi KD Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/ MI

Kompetensi Dasar kelas 4 SD/ MI Kurikulum 2013 tercantum dalam Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI, www.gurnulis.id

Berdasarkan Permendikbud nomor 37 tahun 2018, bunyi KD setiap mata pelajaran di kelas 4 SD/ MI adalah sebagai berikut.

KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
  • 1.2 Meyakini Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
  • 1.3 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Melihat, Maha Adil dan Maha Agung.
  • 1.4 Meyakini keberadaan malaikatmalaikat Allah Swt.
  • 1.5 Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
  • 1.6 Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
  • 1.7 Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.
  • 1.8 Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman.
  • 1.9 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
  • 1.10 Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai cerminan dari iman.
  • 1.11 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman.
  • 1.12 Meyakini bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman. 
  • 1.13 Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman. 
  • 1.14 Menerapkan ketentuan syariat  Islam dalam bersuci dari hadas kecil.
  • 1.15 Menjalankan salat dengan tertib.
  • 1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s. 
  • 1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
  • 1.18 Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
  • 1.19 Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
  • 1.20 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
  • 1.21 Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S  al-FÄ«l.
  • 2.2 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman Allah itu ada.
  • 2.3 Menunjukkan sikap hati-hati, hormat dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adil, dan al-‘Azim.
  • 2.4 Menunjukkan sikap patuh sebagai implementasi pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
  • 2.5 Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
  • 2.6 Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman.
  • 2.7 Menunjukkan sikap rendah hati.
  • 2.8 Menunjukkan perilaku hemat.
  • 2.9 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.10 Menunjukkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
  • 2.11 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 2.12 Menunjukkan sikap gemar membaca. 
  • 2.13 Menunjukkan sikap pantang menyerah.
  • 2.14 Menunjukkan perilaku bersih sebagai implementasi pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
  • 2.15 Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna ibadah salat.
  • 2.16 Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub  a.s.
  • 2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
  • 2.18 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
  • 2.19 Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang menyerah sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
  • 2.20 Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 2.21 Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Wali Songo.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
  • 3.2 Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
  • 3.3 Memahami makna al-Asmau alHusna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al‘Azim.
  • 3.4 Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
  • 3.5 Memahami makna iman kepada Rasul Allah.
  • 3.6 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar.
  • 3.7 Memahami sikap rendah hati.
  • 3.8 Memahami perilaku hemat.
  • 3.9 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.10 Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.11 Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 3.12 Memahami manfaat gemar membaca.
  • 3.13 Memahami makna sikap pantang menyerah.
  • 3.14 Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil  sesuai ketentuan syari’at Islam.
  • 3.15 Memahami makna ibadah salat.
  • 3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
  • 3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
  • 3.18 Memahami kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
  • 3.19 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
  • 3.20 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 3.21 Memahami kisah keteladanan Wali Songo.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1.1 Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S  al-FÄ«l dengan tartil.
  • 4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S  al-FÄ«l dengan benar.
  • 4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S  al-FÄ«l dengan lancar.
  • 4.2 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
  • 4.3 Membaca al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim dengan jelas dan benar.
  • 4.4 Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
  • 4.5 Mencontohkan makna iman kepada Rasul Allah.
  • 4.6 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar.
  • 4.7 Mencontohkan sikap rendah hati.
  • 4.8 Mencontohkan perilaku hemat.
  • 4.9 Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.10 Mencontohkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.11 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  • 4.12 Menunjukkan perilaku gemar membaca.
  • 4.13 Menunjukkan sikap pantang menyerah.
  • 4.14 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
  • 4.15.1 Menunjukkan contoh makna ibadah salat
  • 4.15.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
  • 4.16 Menceritakan kisah keteladan NabiAyyub a.s.
  • 4.17 Menceritakan kisah keteladan NabiZulkifli a.s.
  • 4.18 Menceritakan kisah keteladan NabiHarun a.s.
  • 4.19 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
  • 4.20 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
  • 4.21 Menceritakan kisah keteladanan
    Wali Songo.

KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 

KD-1 (Sikap Spiritual)
  • 1.1 Menerima makna hubungan  bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  • 1.2 Menghargai  kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama.
  • 1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
  • 1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial,dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
 
KD-2 (Sikap Sosial)
  • 2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
  • 2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
  • 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika.
  • 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan.
 
KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila.
  • 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menjelaskan makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
    kehidupan sehari-hari.
  • 4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan seharihari
  • 4.4  Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

KD Bahasa Indonesia

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mencermati gagasan pokok dan  gagasan pendukung yang diperolehdari teks lisan, tulis, atau visual.
  • 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
  • 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
  • 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
  • 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
  • 3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
  • 3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
  • 3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi.
  • 3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
  • 3.10 Membanding-kan watak setiap tokoh pada teks fiksi.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
  • 4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
  • 4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
  • 4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • 4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri
    secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.
  • 4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
  • 4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
  • 4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri.
  • 4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
  • 4.10 Menyajikan hasil membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.

KD Matematika

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan  senilai  dengan gambar  dan model konkret.
  • 3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan
    hubungan di antaranya.
  • 3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
  • 3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
  • 3.5 Menjelaskan bilangan prima.
  • 3.6 Menjelaskan dan menentukan  faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  • 3.7 Menjelaskan dan melakukan  pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
    terdekat.
  • 3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.
  • 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
  • 3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
  • 3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
  • 3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mengidentifikasi  pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model
    konkret.
  • 4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan
    hubungan di antaranya.
  • 4.3 Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
  • 4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan.
  • 4.5 Mengidentifikasi bilangan prima.
  • 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  • 4.7 Menyelesaikan masalah  pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
    terdekat.
  • 4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak
    beraturan.
  • 4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
  • 4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
  • 4.11 Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang.
  • 4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

KD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Menganalisis hubungan antara  bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.
  • 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
  • 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
  • 3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
  • 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan  keterkaitannya dengan indera pendengaran.
  • 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
  • 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
  • 4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yangada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
  • 4.3 Mendemonstrasikan manfaat gayadalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
  • 4.4 Menyajikan hasil percobaan tentahubungan antara gaya dan gerak.
  • 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
  • 4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
  • 4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.
  • 4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
 

KD Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
  • 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
  • 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
  • 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/ atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
    kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
  • 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
  • 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
  • 4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/ atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
 

KD Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
  • 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
  • 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
  • 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.
  • 4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
  • 4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah.
  • 4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
 

KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

KD-3 (Pengetahuan)
  • 3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
  • 3.2 Memahami variasi gerak dasar  lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau
    tradisional.
  • 3.3 Memahami variasi gerak dasar jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
  • 3.4 Menerapkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 3.5 Memahami berbagai bentuk aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan,  dan kelincahan  untuk mencapai berat badan ideal.
  • 3.6 Menerapkan variasi dan  kombinasi berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
    3.7 Menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
    tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 3.8 Memahami gerak dasar satu gaya renang.
  • 3.9 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • 3.10 Menganalisis perilaku terpuji  dalam pergaulan sehari-hari (antarteman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda).
 
 
KD-4 (Keterampilan)
  • 4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
  • 4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
  • 4.3 Mempraktikkan variasi pola dasar  jalan, lari,  lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
  • 4.4 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
  • 4.5 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan,  dan kelincahan  untuk mencapai berat badan ideal.
    4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan  (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
    4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  • 4.8 Mempraktikkan gerak dasar satu
    gaya renang.
  • 4.9 Mendemonstrasikan cara penanggulangan jenis cidera secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.10 Mendemonstrasikan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda).

Jumlah KD Kurikulum 2013 di Kelas 4 SD/ MI

KD Kurikulum 2013 SD/ MI jumlahnya dirincikan sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari
  • 21 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.21;
  • 21 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.21;
  • 21 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.21; dan
  • 21 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.21.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-1, yaitu KD 1.1 sampai dengan KD 1.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-2, yaitu KD 2.1 sampai dengan KD 2.4;
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4; dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Bahasa Indonesia terdiri dari
  • 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
  • 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.

Matematika terdiri dari
  • 12 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.12 dan
  • 12 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.12.

Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari
  • 8 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.8 dan
  • 8 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.8.

Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Seni Budaya dan Prakarya terdiri dari
  • 4 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.4 dan
  • 4 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.4.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdiri dari
  • 10 Kompetensi Dasar-3, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.10 dan
  • 10 Kompetensi Dasar-4, yaitu KD 4.1 sampai dengan KD 4.10.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 di Kelas 4 SD/ MI

KD yang telah penulis paparkan di atas tersebar dalam dua kelompok, yaitu KD kelas 4 semester 1 (ganjil) dan KD kelas 4 semester 2 (genap).
Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI, www.gurnulis.id

Untuk mendapatkan pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/ MI, sahabat pendidik bisa meng-klik pada tautan-tautan berikut.


Penulis hanya menyebarluaskan file pemetaan KD dari blog Data Dikdasmen. Hak milik atas file-file dalam tautan di atas adalah sepenuhnya milik blog tersebut. Semoga dapat membantu sahabat pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel