Model Pembelajaran Course Review Horay

Model Pembelajaran Course Review Horay - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai model pembelajaran course review horay yang mengharuskan peserta didik meneriakkan kata hore setiap kali menjawab benar.
Halo sahabat pendidik, apa kabar? Masih ingatkah dengan artikel Gurnulis tentang model pembelajaran CIRC? Kalau belum, sahabat boleh membacanya terlebih dahulu ya. Pada artikel kali ini, penulis masih berfokus pada literasi model pembelajaran. Penulis hendak membahas tentang model pembelajaran course review horay. Bisa jadi sahabat masih merasa asing dengan model pembelajaran ini ya. Yuk, sama-sama kita pelajari.

Pengertian Model Pembelajaran Course Review Horay

Model pembelajaran Course Review Horay dirancang untuk menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan. Setiap peserta didik yang dapat menjawab benar diwajibkan untuk berteriak 'hore!' atau yel-yel lainnya yang mereka sukai. 

Model pembelajaran Course Review Horay adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan yang apabila peserta didik dapat menjawab dengan benar, maka mereka harus meneriakkan kata "hore" ataupun yel-yel lainnya.

Pentingnya Model Pembelajaran Course Review Horay

Model pembelajaran course review horay merupakan suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman peserta didik menggunakan soal di mana jawaban soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor. Bagi peserta didik atau kelompok yang mendapatkan jawaban atau tanda dari jawaban yang benar, terlebih dahulu mereka harus langsung berteriak "hore" atau menyanyikan yel-yel kelompoknya. Pengujian pemahaman peserta didik pada model pembelajaran course review horay dilakukan dengan menggunakan kotak yang berisi nomor untuk menuliskan jawaban. Peserta didik yang lebih dulu mendapatkan tanda atau jawaban yang benar harus langsung segera menyoraki kata-kata "hore" atau menyoraki yel-yelnya.
 
Model pembelajaran course review horay dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep. Model pembelajaran ini merupakan rumpun dari pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini berisikan kegiatan belajar mengajar yang ditempuh dalam pengelompokkan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil. Melalui model pembelajaran course review horay ini diharapkan dapat membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan masalah dalam kelompok kecilnya.

Langkah-langkah atau Sintaks Model Pembelajaran Course Review Horay

Langkah-langkah atau sintaks dari model pembelajaran course review horay adalah sebagai berikut.
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan atau mendemonstrasikan materi sesuai dengan topik dengan cara bertanya jawab.
  3. Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok.
  4. Untuk menguji pemahaman, peserta didik diminta untuk membuat kartu atau kotak sesuai dengan kebutuhan dan diisi dengan nomor yang ditentukan guru.
  5. Guru membaca soal secara acak dan peserta didik menuliskan jawabannya dalam kartu atau kotak yang nomornya disebutkan oleh guru.
  6. Setelah pembacaan soal dan jawaban peserta didik telah ditulis dalam kartu atau kotak, guru bersama-sama dengan peserta didik mendiskusikan soal.
  7. Bagi yang benar, peserta didik memberi tanda check list (√) dan langsung berteriak "hore" atau menyanyikan yel-yel pilihannya.
  8. Nilai peserta didik dihitung dari jawaban yang benar dan yang banyak berteriak "hore".
  9. Guru memberikan reward (penghargaan) kepada peserta didik yang memperoleh nilai tinggi atau yang banyak memperoleh "hore".
  10. Penutup.

Kelebihan Model Pembelajaran Course Review Horay

Model pembelajaran course review horay memiliki kelebihan sebagai berikut.
  • Pembelajarannya menarik dan dapat mendorong peserta didik untuk dapat terjun ke dalamnya.
  • Pembelajarannya tidak monoton karena diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan.
  • Siswa lebih semangat belajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan.
  • Melatih kerjasama para peserta didik.

Kelemahan Model Pembelajaran Course Review Horay

Di samping memiliki kelebihan, model pembelajaran course review horay ini pun memiliki kelemahan. Setidaknya ada dua kelemahan dari model pembelajaran course review horay ini, yaitu sebagai berikut.
  • Peserta didik yang aktif maupun yang pasif nilainya disamakan.
  • Adanya peluang peserta didik untuk curang.
Model Pembelajaran Course Review Horay - www.gurnulis.id

Demikianlah bahasan mengenai model pembelajaran course review horay. Semoga bermanfaat ya sahabat pendidik. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Model Pembelajaran Course Review Horay"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel