Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Blog Gurnulis masih berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk kelas satu lagi ya. Pada kesempatan ini penulis hendak berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 Subtema 2
 
Sebelumnya penulis hendak mengingatkan kalau Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP adalah  rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih ya. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran para siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
 
Para pendidik di setiap sekolah berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
 
RPP format satu lembar dapat disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
 
Dasar dari format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 subtema 2 yang penulis pakai adalah surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajara.
  2. Langkah-langkah pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran.
Adapun desain pembelajaran tematik tersebut tetap memiliki alur: (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan penutup.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 1
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema  : Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 1/ Semester 2
Tema
 : 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema
 : 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-3
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang terdapat pada sebuah rumah dengan tepat.
  2. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan  kalimat ajakan dengan tepat.
  3. Dengan membaca teks, siswa dapat menggunakan kata ajakan dalam kalimat dengan tepat.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat  dilakukan bersama-sama  dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
  5. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama dalam menjaga lingkungan, siswa dapat menuliskan pengalaman  bekerja sama dalam keberagaman di sekitar rumah  dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar pengubinan, siswa dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan monohedral dengan benar.
  7. Dengan mengamati gambar pengubinan siswa dapat menyusun berbagai bentuk bangun datar untuk membentuk pola pengubinan dengan benar.
  8. Dengan menggunakan bentuk bangun datar yang tersedia, siswa dapat menyusun bangun datar membentuk pola pengubinan monohedral dengan tepat.
  9. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Memulai kelas dengan dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran siswa.
  • Mengkondusifkan suasana kelas.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar dan menuliskan nama-nama gambar dan bentuk-bentuknya pada tempat tersedia. (Mandiri)
  • Ayo membaca.
    • siswa membaca  teks percakapan yang sudah lengkap di depan kelas. Siswa lain mendengarkan temannya membaca. (Communication)
  • Ayo menulis.
    • siswa membacakan jawaban yang tertulis di kertas. Siswa yang lain menuliskan jawaban di papan tulis. (Creativity and Innovation)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih membuat pengubinan.  Siswa menggunting bentuk-bentuk bangun datar yang tersedia. Mintalah siswa mengguntingnya dengan rapi. (Creativity and Innovation)
    • Siswa menyusun hasil guntingan sesuai dengan gambar pada buku siswa.
    • Ingatkan  siswa menggunakan lem seperlunya dan mengerjakannya dengan rapi sehingga tidak ada ruang kosong dan tidak ada gambar menumpuk.(Communication)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan atas kasih sayangNya mengaruniakan bentuk-bentuk yang indah. Siswa menyimpulkan bahwa Tuhan memberi kita rumah dan lingkungan dan kita berkewajiban menjaganya.
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  • Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya atau proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru
 

Daftar RPP Terkait

Berikut tautan-tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan di bawah ini.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran yang tengah dilaksanakan.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel