RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 4.

Ulasan

Sahabat Gurnulis, penulis ingin berbagi mengenai RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran format satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 subtema 4 ya. Di sini Sahabat Gurnulis pun dapat mengunduh file-nya dalam format microsoft word yang dapat diedit.
 
Kita berliterasi terlebih dahulu pada pengertian RPP ya. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan guru berdasarkan silabus. Fungsi dari RPP untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar atau KD.
 
Semua guru yang melaksanakan pembelajaran wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran yang berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis para siswa.
 
RPP dengan format satu lembar disusun berdasarkan KD atau subtema yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Pada kesempatan ini penulis berbagi RPP untuk satu kali pembelajaran.
 
Format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 subtema 4 mengikuti petunjuk  yang terdapat surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen-komponen inti berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran.
Pada RPP ini, desain pembelajaran tematik di dalamnya tetap memiliki alur: (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan penutup.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 1
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema  : Subtema 4 Bekerja sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 1/ Semester 2
Tema
 : 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema
 : 4 Bekerja sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan  tulisan dengan tepat.
  2. Dengan berdiskusi, siswa dapat menulis kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menggali informasi aturan menjaga kebersihan di lingkungan rumah.
  4. Dengan mengidentifikasi aturan, siswa dapat membuat daftar kegiatan sesuai dengan aturan menjaga kebersihan  di lingkungan rumah.
  5. Dengan mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal dari hewan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
  6. Dengan mengamati gambar siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan yan berasal dari hewan  dengan tepat.
  7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai mahluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru berusaha memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
  • Guru melakukan apersepsi dengan cara mengulas kembali materi yang telah dibelajarkan pada hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Seorang siswa  membaca teks dengan nyaring dan siswa yang lainnya menyimak.(Literasi)
    • Siswa mengamati isi teks dan menyampaikan isi teks. Siapa tokoh di dalam teks dan  apa yang dibahas. (HOTS)
    • Siswa berbagi pengalaman berkaitan dengan isi teks. (Creativity and Innovation)
  • Ayo menulis.
    • Siswa mengamati teks. (Literasi)
    • Siswa diberi kesempatan bertanya tentang isi teks. (Communication)
    • Siswa lain boleh menjawab pertanyaan temannya. (HOTS)
    • Siswa menuliskan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk mematuhi aturan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. (HOTS)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa diberi kesempatan mengamati gambar.
    • Siswa mengerjakan latihan sesuai perintah.
    • Siswa membaca senyap dan mengamati isi teks pada buku. (HOTS)
    • Siswa menyampaikan tentang isi teks yang dibacanya. Apakah teks tersebut? (Creativity and Innovation)
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa membuat hiasan pensil.
    • Mintalah siswa bersama-sama membaca langkah-langkah tersebut. (Literasi)
    • Siswa bersiap-siap mempraktikkan langkah-langkah dengan bahan yang tersedia.
    • Semua siswa dipastikan aktif membuat kerajinan.
    • Jika sudah selesai, tanyakan kepada siswa tentang rasanya membuat barang kerajinan.(Communication)
    • Sampaikan bahwa Tuhan memberi kita tangan untuk digunakan berkreasi sebanyak-banyaknya. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya dan proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru
 

Daftar RPP Terkait

Berikut  daftar tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis gunakan untuk mempermudah pencarian RPP berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 6 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga mempermudah administrasi pembelajarannya di kelas.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 6 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel