RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 1.

Ulasan

Halo, selama berjumpa dengan blog Gurnulis ya Sahabat Pendidik. Penulis yakin kalau Sahabat tengah mencari RPP satu lembat kurikulum 2013 kelas 1 tema 7 subtema 1. Karenanya, penulis hendak berbagi RPP tersebut pada artikel ini. Di sini juga Sahabat dapat mengunduh RPP dalam format Microsoft Word.
 
Penulis singgung sebentar tentang  RPP ya. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP adalah  rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
 
Siapa yang wajib menyusun RPP? Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
 
RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
 
Rujukan format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 7 subtema 1 adalah surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran.
Desain pembelajaran tematik yang termuat dalam RPP satu lembar tersebut tetap memiliki alur: (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan penutup. Yuk, sama-sama kita simak.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 1
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema  : Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 1/ Semester 2
Tema
 : 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema
 : 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
  3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
  4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
  5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
  6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
  7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo bernyanyi.
    • Siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan.(HOTS)
    • Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.” (Creativity and Innovation)
    • Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
    • Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri. (Critical Thinking and Problem Formulation)
  • Ayo berlatih.
    • Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup. (HOTS)
    • Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia. (Ctreativity and Innovation)
    • Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan. (HOTS)
    • Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. (Creativity and Innovation)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengikuti lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.(Creativity and Innovation)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.
    • Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya dan proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru
 

Daftar RPP Terkait

Berikut daftar RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan ini.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 7 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan digunakan, semoga bermanfaat.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 7 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel