Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Kali ini penulis memiliki bahan yang menarik untuk dibagikan. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1. Kalau Sahabat sedang mencarinya, artinya sahabat menemukan tempat yang tepat.
 
Kita bahas pengertian RPP terlebih dahulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru dapat menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Pengalamanku
Subtema  : Subtema 1 Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 5 Pengalamanku
Subtema
 : 1 Pengalamanku di Rumah
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
  2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
  3. Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
  4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
  5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
  6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
  7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
    • Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan (menanya).
  • Ayo menulis.
    •  Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya).
    • Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuiny (mengomunikasikan).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya” (mengamati).
    • Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).
    • Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris (menalar).
    • Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar (menalar).
    • Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba).
    • Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan (mencoba).
    • Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan centimeter (mencoba).
  • Ayo berlatih.
    •  Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).
    • Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris (mencoba).
  • Ayo bernyanyi.
    • Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati).
    • Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba).
    • Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
    • Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel