Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kali ini penulis menyajikan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 2. Penulis menampilkan pratinjau RPP beserta file-nya dalam format Microsoft Word. Sahabat Pendidik dapat mengunduhnya pada tombol di bawah ulasan ini.

Mengacu pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar ini? Komponen intinya terdiri dari:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran  (asesmen);
Ketiga komponen di atas mengacu pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019. Dapatkah komponen inti ini ditambah dengan komponen lain? Jawabannya adalah boleh. Guru dapat menambah komponen lain yang dianggap perlu.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 

RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema. Guru tidak harus membuat silabus karena Buku II KTSP (silabus) sudah disusun oleh Pemerintah. RPP disusun dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada murid.  Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 2 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Cuaca
Subtema  : Subtema 2 Perubahan Cuaca
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 5 Cuaca
Subtema
 : 2 Perubahan Cuaca
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan benar.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat.
  3. Dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.
  4. Dengan benda konkret, siswa dapat menyajikan perbandingan dua pecahan berpembilang sama dengan tepat.
  5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat lambat kepala dengan benar.
  6. Dengan berlatih, siswa dapat memeragakan gerak cepat lambat kepala dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa Membaca bacaan tentang cuaca dan perubahannya di buku siswa. (LITERASI)
    • Setelah membaca, setiap kelompok berdiskusi dengan anggota masing-masing. Mereka dengan teliti dan memilih kalimat mana yang merupakan informasi tentang cuaca.
  • Ayo menulis.
    • Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya, yaitu informasi tentang cuaca pada lembar jawaban yang telah disediakan.
    • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan, kalimat mana yang berisi informasi tentang cuaca dan mana yang bukan.
  • Ayo mengamati.
    • Guru menunjukkan dua buah lingkaran yang berwarna kehijauan seperti buah melon. Lingkaran ini terbuat dari kardus bekas.
    • Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok. Selanjutnya, guru mengulang kembali materi tentang pecahan berpembilang dan berpenyebut sama.
    • Setiap kelompok sila berdiskusi menentukan cara yang paling tepat untuk membagi kedua melon kardus tersebut menjadi 6 atau 8 bagian yang sama besar.
    • Guru mengulang kembali bahwa ini adalah 2 pecahan berpembilang sama yang dibandingkan dengan penyebut yang berbeda.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa, mengerjakan latihan di buku siswa
  • Ayo menari.
    • Siswa menyanyikan lagu Burung kutilang berbunyi pada teks bacaan buku siswa.
    • Untuk pertemuan pertama, gerakan tarian diiringi dengan hitungan dan tepukan. Lagu akan dipakai pada pertemuan berikutnya jika siswa sudah menguasai gerakan kepala tersebut.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Orang tua bersama siswa memperhatikan prakiraan cuaca, boleh di televisi surat kabar, ataupun aplikasi lainnya. Berdiskusi mengenai keadaan cuaca didaerahnya pada hari itu.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga membantu.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel