RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis di sini. Penulis hendak membagikan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 pada kesempatan ini. Selain pratinjau dari RPP, penulis pun mempunyai file yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Ayo sama-sama kita simak.

Kita mengingat-ingat hakikat RPP atau Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran terlebih dahulu ya. Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Guru perlu menyusun RPP karena untuk memastikan pembelajarannya bakal berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kini RPP disederhanakan hingga berformat satu lembar. Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP ini? Jawabannya adalah efisiensi waktu. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 3 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien berarti dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berapa jumlah komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013? Ada tiga komponen inti yang terdapat di dalamnya, yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah pembelajaran kegiatan;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen).
Ketiga komponen ini dapat ditambahkan dengan komponen lain apabila diperlukan.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Cuaca
Subtema  : Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 5 Cuaca
Subtema
 : 3 Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dengan baik.
  2. Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyarikan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan baik.
  3. Dengan kegiatan megidentifikasi pecahan, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
  4. Dengan kegiatan menyelesaikan soal-soal latihan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benar.
  5. Dengan kegiatan membuat poster, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
  6. Dengan kegiatan membuat poster, siswa dapat menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo Membaca.
    • Siswa Membaca bacaan nyaring teks surat pada buku siswa.
    • Siswa bergantian membaca setiap paragraf.
  • Ayo Berdiskusi.
    • Siswa berdiskusi dan membuat peta pikiran atau mind mapping dari teks yang telah dibaca. (Collaborative)
    • Siswa merangkum hasil peta pikiran dengan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.
    • Peta pikiran ditulis menggunakan rumus 5W (What, When, Who, Where, Why) + 1H (How). (Higher Order Thinking Skills)
  • Ayo Mengamati.
    • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia. (Communication).
    • Siswa mengelompokkan makanan dan minuman yang enak disantap pada saat cuaca panas atau hujan dan menuliskannya di tabel pengamatan pada buku siswa.
  • Ayo Berlatih.
    • Siswa mengerjakan latihan tentang penjumlahan pecahan berpenyebut sama yang ada di buku siswa.
    • Guru berkeliling menghampiri siswa dan mengulang penjelasan secara individu pada siswa yang belum memahami konseppenjumlahan pecahan dengan baik
  • Ayo Berdiskusi.
    • Siswa berdiskusi tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu korban bencana yang terjadi di salah satu wilayah Indonesia. (Critical thinking and Problem Solving)
    • Guru Mengajari siswa Siswa membuat poster yang berisi himbauan pada warga sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam menggalang bantuan.
    • Poster akan dibuat menjadi karya dekoratif dengan hiasan motif aneka garis dan ruang. (Creativity and Innovation)
    • Siswa   menempelkannya di papan pengumuman sekolah dan tempat-tempat lain yang terlihat warga sekolah.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga pembelajarannya berlangsung lancar.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel