Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis kembali berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 ya. Pada kesempatan ini Penulis hendak berbagi RPP satu lembar Kelas 3 Tema 5 Subtema 4. Penulis yakin Sahabat tengah mencarinya. Yuk, sama-sama kita pelajari. Penulis juga menyediakan tautaun unduhan RPP-nya lho.

RPP satu lembar merupakan RPP dengan penyederhanaan format. Penyederhanaan ini mengikuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Pengertian dari RPP sendiri adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

Untuk menyusun RPP satu lembar, guru harus beracuan kepada silabus. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema. Apakah guru harus membuat silabus? Tidak! Guru tidak harus membuat silabus. Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah berdasarka Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang KTSP.

Apa tujuan penyusunan RPP? Tujuan penyusunan RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Penyusunan RPP bukan merupakan pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013? Komponen intinya adalah:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen)
Ketiga komponen inti ini dapat ditambah dengan komponen yang lain. Komponen lain yang dimaksud adalah komponen yang tercantum dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan komponen lain yang dianggap perlu oleh guru.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Cuaca
Subtema  : Subtema 4 Cuaca, Musim dan Iklim
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 5 Cuaca
Subtema
 : 4 Cuaca, Musim dan Iklim
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim dengan tepat.
  2. Dengan berdiskusi, siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.
  3. Dengan benda konkret, siswa dapat menyebutkan cara pengurangan pecahan berpenyebut sama.
  4. Dengan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
  5. Dengan praktek langsung, siswa dapat mengidentifikasi teknik sambung dalam suatu karya (menempel dan menjahit).
  6. Dengan praktek langsung, siswa dapat membuat karya keterampilan dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan rapi.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo Mengamati.
    • Siswa ke luar kelas mengamati awan.
    • Guru lalu mengarahkan agar para siswa dapat mendeskripsikan keadaan alam di luar, seperti warna awan putih/ abu-abu/ gelap, langit berwarna biru, matahari bersinar terang/ tak tampak. Siswa pun dapat menjawab cuaca cerah/ berawan/ mendung/ hujan.
  • Ayo Membaca.
    • Siswa setiap kelompok diminta membaca terlebih dulu buku siswa.
    • Guru lalu menunjukkan sebuah artikel yang akan didiskusikan bersama kelompok. Artikel tersebut sudah digandakan sesuai banyak kelompok.
    • Setelah membaca, setiap kelompok berdiskusi dengan anggota masing-masing.  (Critical thinking and Problem Solving)
  • Ayo Menulis.
    • Setiap kelompok lalu menuliskan hasil diskusinya.
    • Siswa Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan, kalimat mana yang berisi informasi tentang cuaca dan mana yang bukan. (Collaborative)
  • Ayo Berdiskusi.
    • Guru memberikan informasi bahwa keadaan cuaca juga dapat dituangkan dalam bentuk seni, yaitu karya 3 dimensi dengan teknik sambung dan tempel.
    • Setiap kelompok akan membuat karya 3 dimensi ini. Agar nanti dapat membagi bentuk-bentuk geometri dengan baik kepada semua anggota kelompok, siswa akan belajar pengurangan pecahan.
  • Ayo Mengamati.
    • Guru menjelaskan bahwa pengurangan pecahan dapat dilambangkan dengan angka dalam kalimat matematika.
    • Guru memberi contoh tentang pengurangan pecahan.
  • Ayo Berlatih.
    • Siswa Mengerjakan Latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama di buku siswa
  • Ayo Berlatih.
    • Siswa akan belajar membuat karya dengan teknik menempel dan menjahit. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Untuk mempermudahkan pencarian, penulis sortir daftarnya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 5 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran di kelasnya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 5 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel