RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 kali ini. Di samping membahas bagian-bagian dari RPP, penulis menyediakan file dalam format Microsoft Word juga di sini. Sahabat boleh mengunduh pada tombol yang terdapat di bawah ulasan ini.

Merujuk pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus. Selain dikembangkan dari silabus, RPP juga disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Tujuan guru menyusun RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didiknya dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP dapat ditujukan untuk satu atau lebih pertemuan. Penyusunan RPP sendiri bukan merupakan pekerjaan yang administratif, tetapi bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Merujuk pada surat edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti RPP satu lembar, dalam hal ini RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 1 adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran atau asesmen.
Berikut salah satu alternatif format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 1 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema  : Subtema 1 Sumber Energi
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema
 : 1 Sumber Energi
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan tepat.
  2. Dengan membaca teks siswa dapat menceritakan kembali secara tertulis informasi tentang sumber energi yang terdapat pada teks dengan tepat.
  3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru siswa dapat mengidentifikasi variasi pola irama pada sebuah lagu.
  4. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang memiliki variasi pola irama dengan tepat.
  5. Dengan mengamati peristiwa sehari-hari siswa mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.
  6. Dengan mengidentifikasi peristiwa sehari-hari, siswa dapat menentukan mana peristiwa yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar pada buku teks halaman 2 dan menceritakan tentang kisah Siti yang tiba-tiba lemas dan terjatuh saat akan berolahraga. Lalu melakukan diskusi singkat berdasarkan cerita Siti tersebut.
    • Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
  • Ayo membaca.
    • Siswa diminta membaca wacana berjudul “Matahari Sumber Energi Terbesar”. (Literasi)
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar isi teks yang dibaca atau melihat buku siswa.
  • Ayo bercerita.
    • Siswa Siswa diminta menceritakan kembali isi wacana dengan bahasa mereka sendiri secara bergiliran. (Creativity and Innovation).
    • Semua siswa yang berani maju harus diberi pujian agar termotivasi.
  • Ayo bernyanyi.
    • Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa salah satu ungkapan syukur terhadap adanya sumber energi dapat diekspresikan melalui lagu. Contohnya adalah lagu Matahari yang akan mereka pelajari. Siswa mencermati tinggi rendah irama pada lagu.
    • Siswa mencermati dengan seksama bagian-bagian lagu yang menunjukkan variasi pola irama kemudian siswa diminta menyanyi bersama-sama. (Collaborative)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa  mengamati kegiatan yang dilakukan Siti pada halaman 8 Buku siswa.
    • Guru menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu untuk menunggu sampai kapas terbakar.
    • Guru memberi dua contoh kejadian lalu siswa menjawab pertanyaan guru mana kejadian yang memakan waktu lebih lama mana yang lebih singkat.
    • Siswa memberi dua contoh kejadian yang berbeda durasinya dan menentukan mana yang lebih lama mana yang lebih singkat. (Critical thinking and Problem Solving)
    • Siswa Mengumpulkan Tugas dan  guru membahas soal-soal tersebut.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel