RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Penulis menyajikan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 yang sedang Sahabat Gurnulis cari. Di sini Penulis menyajikan pratinjau dari RPP dan file-nya yang dalam format Microsoft Word. Sahabat Pendidik dapat mengunduhnya pada tautan di bawah ulasan ini.

Berpijak pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Komponen inti apa yang terdapat dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 ini? Komponen intinya terdiri dari:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran  (asesmen);
Ketiga komponen di atas mengikuti arahan yang pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019. Seandainya ditanyakan, dapatkah komponen inti ini ditambah dengan komponen lain? Jawabannya adalah boleh. Guru diperbolehkan untuk menambah komponen lain yang dianggap perlu.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 

RPP satu lembar kurikulum 2013 dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema. Guru tidak harus membuat silabus karena Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah. Prinsip penyusunan RPP satu lembar kurikulum 2013 adalah efektif, efisien, dan berorientasi pada murid.  Efisien artinya penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid artinya penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema  : Subtema 2 Perubahan Energi
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema
 : 2 Perubahan Energi
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat.
  2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi tentang perubahan energi yang terdapat pada teks, dengan tepat.
  3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan kuat dan lemah kaki dalam suatu tarian.
  4. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
  5. Dengan mengamati peristiwa sehari-hari, siswa mampu mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan.
  6. Dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa mengamati gambar charta peristiwa perubahan energi pada kompor minyak tanah.
    • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
    • Siswa membaca wacana berjudul “Perubahan Energi”.
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar isi teks yang dibaca.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa  berkelompok mendiskusikan perubahan energi apa saja yang terjadi di sekitar.
    • Masing-masing kelompok mencatat hasil diskusi pada tabel yang telah disiapkan.
    • Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
  • Ayo menari.
    •  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa contoh aktivitas yang membutuhkan energi adalah menari.
    • Siswa menyimak gerakan yang dicontohkan guru dengan iringan lagu bertempo lambat. Seperti lagu O Ina Ni Keke.
    • Gerakan pertama. Tangan bertolak di pinggang. Kaki kanan dijulurkan ke depan menyilang ke kiri. Posisi ujung telapak kaki menghadap ke atas. Tumit menyentuh lantai. Lakukan bergantian dengan kaki kiri menyilang ke kanan.
    • Gerakan kedua. Kaki kanan dibuka ke samping kanan, lalu dirapatkan kembali. Bergantian dengan kaki kiri yang digerakkan ke samping kiri kemudian dirapatkan kembali (gerakan ini dilakukan selama 1 bait kedua).
  • Ayo mengamati.
    • Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara menentukan lamanya suatu kegiatan dengan satuan jam dan cara menunjukkan waktu dengan gambar jarum jam.
    • Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan lamanya suatu peristiwa (Critical thinking and Problem Solving).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP yang terkait dengan RPP tersebut. Untuk mempermudah pencarian, Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga membantu.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel