RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis di sini. Pada artikel ini Penulis hendak membagikan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 3. Selain memaparkan pratinjau dari RPP tersebut, penulis juga mempunyai file yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Ayo sama-sama kita simak.

Kita membahas hakikat RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terlebih dahulu ya. Menurut Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Guru diwajibkan menyusun RPP untuk memastikan pembelajarannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP kini disederhanakan hingga berformat satu lembar. Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan ini? Jawabannya adalah upaya efisiensi waktu. Pada mulanya para guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci hingga banyak menghabiskan waktu mereka. Padahal seharusnya mereka bisa lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 3 ini disusun menggunakan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki arti dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki arti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berapa jumlah komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013? Ada tiga komponen inti yang terdapat di dalamnya, yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah pembelajaran kegiatan;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen).
Komponen-komponen tersebut tidak bersifat kaku, melainkan diperbolehkan untuk ditambahkan dengan komponen lain sekiranya diperlukan.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 3 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema  : Subtema 3 Energi Alternatif
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema
 : 3 Energi Alternatif
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang , dan warna dalam sebuah karya dekoratif.
  6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggunakan.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks tentang “Energi Alternatif”.
    • Siswa diingatkan tentang cara membaca nyaring, sikap saat membaca, dan jarak membaca.
    • Setelah membaca, siswa saling tanya jawab tentang isi bacaan.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
    • Siswa saling memeriksa jawaban. (Communication)
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa mengamati berbagai gambar layang-layang.
    • Siswa berlatih menghias layang-layang menggunakan garis, bidang, dan warna yang berbeda.
    • Gambar layang-layang tersebut diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan dalam menghias layang-layang. Bidang juga digunakan dalam hiasan tersebut. Layang-layang tersebut juga memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang. (Creativity and Innovation)
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih menentukan lamanya suatu kejadian atau kegiatan menggunakan model jam.
    • Siswa berlatih mengerjakan soal tentang cara menentukan lamanya kejadian.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga dapat mendukung proses pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel