RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Pada kesempatan ini Blog Gurnulis ingin berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 ya. Penulis ingin berbagi RPP satu lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 4. Saat ini penulis yakin kalau Sahabat Gurnulis tengah mencarinya. Ayo sama-sama kita pelajari. Selain mengulasnya, penulis pun menyediakan tautaun unduhan RPP-nya.

RPP satu lembar yang penulis maksud di sini adalah RPP dengan penyederhanaan format ya. Penyederhanaan ini mengikuti dasar Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Sementera pengertian dari RPP sendiri adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

RPP satu lembar disusun dengan acuan silabus. RPP ini disusun berdasarkan KD atau subtema. Haruskah guru membuat silabus? Jawabannya adalah tidak. Guru tidak harus membuat silabus. Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang KTSP.

Untuk apa RPP disusun? RPP disusun untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Penyusunan RPP sebenarnya bukan merupakan pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013? Berikut komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran (asesmen).
Ketiga komponen inti ini dapat ditambah dengan komponen yang lain. Komponen lain yang dimaksud adalah komponen yang tercantum dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan komponen lain yang dianggap perlu oleh guru.

Berikut penulis berikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini bukanlah format baku.
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema  : Subtema 4 Penghematan Energi
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema
 : 4 Penghematan Energi
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep penghematan energi dengan menggunakan bahasa sendiri dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri teknik sambung (menempel dan menjahit) dalam suatu karya keterampilan dengan tepat.
  4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat merancang pembuatan karya dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan tepat.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca wacana berjudul “Menghemat Penggunaan Listrik”. (Penguatan Literasi)
    • Siswa mengidentifikasi kosakata yang baru mereka kenal dan menanyakannya.
    • Beberapa siswa diminta menjelaskan intisari per paragraf dengan bahasa mereka sendiri.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengajukan pertanyaan jika ada hal-hal yang belum jelas atau ingin diketahui. Guru menjawab pertanyaan siswa.
    • Jika tidak ada yang bertanya, sebaiknya guru memantik siswa untuk bertanya.
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar isi teks yang dibaca baik pertanyaan dari teman maupun dari guru.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan pada buku teks, secara berkelompok. Siswa mencatat hasil diskusi. (Critical thinking and Problem Solving)
    • Siswa mendengarkan rangkuman dan konfirmasi guru tentang hasil diskusi.
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa belajar membuat kincir angin dari kertas lipat tersebut.
    • Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membuat kincir angin kertas tersebut, sebagaimana dijelaskan di dalam buku teks.
    • Guru mendemonstrasikan tahapan-tahapan membuat kincir angin kertas.
    • Siswa mencermati dengan seksama Kemudian siswa mempraktikkannya dan mulai membuat kincir angin sesuai kreasi siswa. (Creativity and Innovation)
    • Siswa membuat hasil karya dengan memperhatikan langkah-langkah pembuatannya  (lihat buku siswa).
  • Ayo berlatih.
    • Setelah hasil karya mereka selesai, Guru menjelaskan perbedaan luas kertas yang digunakan untuk membuat kedua kincir tersebut.
    • Siswa memberi contoh cara mengukur dengan alat ukur yang tidak baku. Setelah semua siswa selesai mengerjakan tugas, guru meminta siswa mengerjakan soal yang ada di lembar kerja.
    • Setelah waktu yang ditentukan berakhir, siswa mengumpulkan lembar kerjanya.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Untuk mempermudahkan pencarian yang Sahabat lakukan, penulis menyortir daftarnya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran di kelas Sahabat.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 6 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel