RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Pada kesempatan ini penulis mengangkat RPP satu lembar Kelas 3 Tema 7 Subtema 2. Penulis memberikan pratinjau dari RPP beserta file-nya dalam format Microsoft Word. Sahabat Pendidik dapat mengunduhnya pada tombol "Unduh RPP" di bawah ulasan ini.

Berdasarkan lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013 ini? Komponen intinya ada tiga, yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen);
Ketiga komponen tersebut merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019. Pertanyaannya, dapatkah komponen inti ini ditambah dengan komponen lain? Jawabannya adalah boleh. Guru dapat menambah komponen lain yang dianggap perlu.

Tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 

RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema. Para pendidik tidak harus membuat silabus karena Buku II KTSP (silabus) sendiri sudah disusun oleh Pemerintah. RPP disusun dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada murid.  Efisien memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki maksud penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Perkembangan Teknologi
Subtema  : Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 7 Perkembangan Teknologi
Subtema
 : 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks dengan tepat.
  2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  3. Dengan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  4. Dengan membuat sumbu simetri, siswa dapat menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar dengan benar.
  5. Dengan mencermati gerakan memintal dan menenun, siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
  6. Dengan mencermati gambar gerakan tari, siswa dapat memperagakan kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian.
  7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memahami manfaat keberadaan alam ciptaan Tuhan untuk kehidupannya sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa berlatih membaca tanpa suara (silent reading). Mintalah siswa membaca sambil mencermati isi teks.
    • Siswa menggaris bawahi kalimat pertama dalam setiap paragraf.
    • Siswa menjelaskan isi cerita dari setiap paragraf (HOTS).
  • Ayo menulis.
    • Siswa menuliskan informasi penting yang ditemukan pada teks dengan menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa menggambar bentuk bangun datar yang ditemukan di buku kerja.
    • Siswa membuat bentuk-bentuk bangun datar menggunakan kertas bekas.
    • Siswa Melakukan percobaan melipat kertas berbentuk bangun datar menjadi dua bagian yang saling menutupi dengan tepat.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mencoba mencari banyak cara melipat dari masing-masing bentuk. Setelah percobaan selesai, siswa kembali membuat sumbu simetri pada garis lipatan yang terbentuk.
    • Siswa menuliskan hasil percobaannya pada tabel yang tersedia. Siswa dapat mengerjakannya di buku kerja siswa.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa berdiskusi tentang gerakan orang memintal dan menenun. Jika perlu, perlihatkan video cara memintal dan menenun.
    • Siswa memperagakan gerakan memintal dan menenun. Perhatikan anggota tubuh apa saja yang bergerak saat memintal dan menenun.
    • Siswa membaca teks beberapa gerakan tari sambil mencermati gambar (Literasi).
  • Ayo menari.
    • Membantu siswa untuk mencoba memperagakan gerakan pertama sampai terakhir dan mempraktikkannya berulang-ulang.
    • Guru dapat mendorong siswa berkreasi dengan menambah gerakan untuk membuat tarian menjadi indah (Creativity and Innovation).
    • Mintalah siswa yang pandai menari memberi contoh gerakan kepada teman- temannya.
    • Siswa memperagakan gerakan tarian secara berulang-ulang.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Guru meminta siswa menyampaikan penilaiannya tentang kegiatan hari ini. Siswa dapat menyampaikannya dengan satu kata. Misalnya, ‘hebat’, ‘seru’, ‘semangat’.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga membantu.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel