Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kembali bersama Blog Gurnulis di sini. Penulis ingin membagikan RPP satu lembar Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 pada kesempatan ini. Selain menampilkan pratinjau dari RPP, penulis pun memiliki file yang dapat Sahabat Pendidik unduh. File tersebut dalam format Microsoft Word yang  mudah untuk di-edit. Ayo sama-sama kita simak.

Mengingat kembali hakikat RPP atau Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran, berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Guru wajib menyusun RPP dalam rangka memastikan pembelajarannya akan berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Mengikuti kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, RPP dapat disederhanakan hingga berformat satu lembar. Apa sih yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP ini? Jawabannya adalah efisiensi waktu. Guru-guru yang sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu sebenarnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 3 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien bermakna dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif bermakna penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid bermakna penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berapa jumlah komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 ini? Ada tiga komponen inti yang terdapat di dalamnya, yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah pembelajaran kegiatan;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen).
Ketiga komponen ini dapat ditambahkan dengan komponen lain apabila diperlukan. Ini bukanlah harga mati.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Perkembangan Teknologi
Subtema  : Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 7 Perkembangan Teknologi
Subtema
 : 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks bacaan tentang sejarah komunikasi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat utama tiap paragraf dari suatu bacaan dengan tepat.
  2. Dengan menemukan kalimat utama dari tiap paragraf, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat.
  3. Dengan mengamati teks bacaan tentang sejarah komunikasi, siswa dapat menemukan kosakata baru tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan benar.
  4. Dengan mencari arti kata terkait perkembangan teknologi menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kosakata tersebut dalam sebuah kalimat dengan tepat.
  5. Dengan mengamati poster gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat. Melalui diskusi dalam kelas, siswa dapat menunjukkan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat.
  6. Dengan mengamati contoh karya gambar dekoratif yang ditunjukkan oleh guru,siswa dapat menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk dibuat menjadi karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.
  7. Dengan menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna dari berbagai contoh yang diberikan, siswa dapat membuat desain kartu pos bermotif karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.
  8. Dengan mengamati bagian-bagian dari bangun datar, siswa dapat menjelaskan pengertian keliling bangun secara runtut dan tepat.
  9. Dengan memberi warna pada setiap sisi bangun datar, siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan tepat.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa mengenai sejarah komunikasi (Literasi).
    • Siswa membaca paragraf pertama dengan nyaring dan siswa lain membaca dalam hati.
    • Siswa mencari arti dari setiap kata yang diberi garis bawah pada teks bacaan dengan menggunakan kamus.
  • Ayo menulis.
    • Siswa membuat kalimat dari kata yang telah mereka pahami artinya dan menuliskannya.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati motif yang terdapat pada kartu pos/kartu ucapan dan meminta pendapat mereka mengenai gambar yang dilihat.
    • Diskusikan jawaban siswa dan simpulkan bersama-sama.
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa membuat desain sederhana berupa gambar karya dekoratif (Creativity and Innovation)
    • Siapkan model kartu pos/ kartu ucapan dan minta siswa untuk menghias menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna menjadi karya dekoratif di sekeliling kartu.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa Menunjukkan hasil karyanya di depan kelas dan karya dekoratif yang mengelilingi kartu.
    • Siswa  menempelkan pita/ tali/ benang berwarna pada setiap sisi bangun datar yang terdapat pada gambar dekorasi dalam kartu.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa  mencari berbagai bangun datar yang ada di kelas dan menunjukkan kelilingnya.
    • Siswa menyelesaikan latihan yang terdapat pada buku siswa.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 7 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga pembelajarannya berlangsung lancar.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 7 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel