Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan Blog Gurnulis tercinta ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 8 Subtema 3, lho. Pada kesempatan kali ini penulis ingin mengupas komponen-komponen RPP-nya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Apa definisi dari RPP RPP? Dengan berdasar kepada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Guru menyusun RPP agar pembelajaran yang dilakukannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik

Kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, telah meringankan tugas guru dalam menyusun RPP. Kalau semula RPP disusun dalam banyak komponen, kini mereka diperbolehkan menyusun dalam 3 komponen saja, bahkan hanya dalam format satu lembar.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.

Apa definisi dari tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content. Contoh tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut.
Setelah melakukan gerakan  pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
  • Audience: siswa.
  • Behaviour: berjalan lurus ke satu arah.
  • Condition: setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana.
  • Degree: dengan tepat.
Apa pengertian langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan penutup berisikan aktifitas bersama antara guru dan siswa dalam melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktifitas dan hasil-hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas serta menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 3 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien bermakna penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif bermakna penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid bermakna penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini adalah format alternatif.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Subtema  : Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 8 Daerah Tempat Tinggalku
Subtema
 : 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.
  2. Dengan pengamatan peristiwa di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan mengenai hubungan antara gaya dan gerak melalui pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menentukan pembelajaran dalam sebuah cerita fiksi.
  4. Dengan kegiatan menemukan jawaban berdasarkan cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dan sifat tokoh dalam cerita fiksi.
  5. Dengan kegiatan berdiskusi mengenai cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh,sifat tokoh, dan inti cerita fiksi.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks materi mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan benda serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari (Literasi).
    • Guru meminta siswa untuk cermat dalam mengamati gambar berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda.
    • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerakan benda seperti dicontohkan dalam gambar (Communication).
    • Guru meninta siswa mengungkapkan pendapatnya dengan percaya diri (Communication).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa telah memahami bahwa terdapat berbagai macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
    • Selanjutnya, siswa diajak untuk melakukan pengamatan mengenai peristiwa di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan gaya dan gerak.
    • Guru meminta siswa melakukan pengamatan secara individu.
    • Setelah selesai melakukan pengamatan, siswa menuliskan laporan hasil pengamatan dengan format tercantum pada buku siswa (Mandiri).
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks cerita fiksi berjudul ”Angsa dan Telur Emas” pada buku siswa (Literasi).
    • Guru memberikan kesimpulan penjelasan mengenai hikmah atau pembelajaran yang dapat diambil melalui cerita berjudul ”Angsa dan Telur Emas” (Religius).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa telah membaca dan memahami cerita fiksi berjudul  ”Angsa dan Telur Emas”.
    • Selanjutnya, siswa diajak untuk menjawab pertanyaan berdasarkan cerita fiksi.
    • Guru dapat mengajak siswa untuk bertanya jawab mengenai cerita fiksi (HOTS).
    • Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri (Communication).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa mencari cerita fiksi dari berbagai sumber. Selanjutnya, siswa diajak mendiskusikan tokoh, sifat tokoh, dan inti cerita fiksi (Collaboration).
    • Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis sajikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel