RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 8 Subtema 4. Penulis pada artikel ini hendak mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pemelajaran sebagaimana yang tertera pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP bukan merupakan pekerjaan yang bersifat administratif bagi pendidik, melainkan bagian dari tugas profesi mereka. Hal ini sebagaimana yang tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Para pendidik mesti bersyukur karena kini RPP disederhanakan formatnya hingga menjadi satu lembar. Merdeka Belajar sebagai kebijakan yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim telah memberikan kemudahan bagi para pendidik dalam menyusun RPP.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ini ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Contoh tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut.
Siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Audience: siswa.
  • Behavior: memperkenalkan diri.
  • Content: nama panggilan.
Audience atau siswa (peserta didik), merupakan siapa yang mengikuti proses pembelajaran.  Behaviour merupakan perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content merupakan materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik).

Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup. Langkah pendahuluan merupakan langkah pembelajaran yang berisikan aktivitas guru dalam menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cara memberi motivasi belajar, mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari, menjelaskan  tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan menyampaikan cakupan materi.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 4 ini merupakan RPP literasi kegiatan berbasis proyek. Sebagaimana yang kita ketahui pada buku guru maupun buku siswa, subtema 4 merupakan subtema yang berisikan kegitan proyek.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP dalam format satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diketahui bahwa format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Subtema  : Subtema 4 Literasi dan Kegiatan Berbasis Proyek
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 8 Daerah Tempat Tinggalku
Subtema
 : 4 Literasi dan Kegiatan Berbasis Proyek
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan membaca cerita, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam teks bacaan.
  2. Dengan kegiatan membaca dan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal (Religius dan Integritas).
  • Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya.
  • Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan (Mandiri).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Kegiatan literasi.
    • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi.
    • Pada Kegiatan Berbasis Literasi: siswa diminta untuk membaca cerita berjudul "Masohi, Selalu Ingin Kembali".
    • Kemudian, guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan pada Buku Siswa berdasarkan cerita yang telah ia baca.
  • Kegiatan berbasis proyek. 
    • Guru meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran tentang kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar.
    • Siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.
    • Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil identifikasi mengidentifikasi jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk di depan kelas.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi tentang tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut (Mandiri).
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/ projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
     
    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis tampilkan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 8 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Subtema 4"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel