RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Alhamdulillah, kita berjumpa lagi dalam blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 9 Subtema 1. Penulis ingin membahas komponen-komponennya. Penulis pun telah menyiapkan file-nya dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau dalam bentuk pendeknya adalah RPP menurut Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Kini berkat adanya kebijakan merdeka belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, tugas guru dalam menyusun RPP menjadi ringan. RPP kini dapat disusun daam format satu lembar dalam tiga komponen.

Penyederhanaan RPP hingga menjadi berformat satu lembar ini menghendaki RPP sekurangnya terdiri dari 3 komponen, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen).

Apa yang pengertian tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Apa saja komponen tujuan pembelajaran? Dalam behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience (A), behaviour (B), condition (C), dan degree (D). Namun demikian, dalam konteks materi dan kemampuan tertentu komponen degree (D) boleh ditiadakan.

Apa pengertian penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang harus dinilai dari diri siswa meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 1 yang penulis sajikan ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 1 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu ditekankan bahwa format ini bukanlah format yang baku karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri tidak membakukannya.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subtema  : Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 9 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subtema
 : 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Muatan Terpadu
 : IPA, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Membaca bacaan tentang lingkungan, siswa memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
  2. Membuat peta pikiran, siswa dapat memahami hubungan manusia dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab.
  3. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa dapat mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
  4. Membaca teks dan mengamati gambar tentang siklus beberapa hewan, siswa memahami siklus hidup beberapa hewan dengan penuh rasa kepedulian.
  5. Membaca teks dan mengamati gambar tentang sumber energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
  6. Mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air, siswa mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar tentang pengaruh contoh sumber energi, yaitu air dan listrik.
    • Siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat (Creativitu and Innovation).
    • Secara mandiri siswa mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air.
    • Selesai mengamati, siswa mencari keterkaitan antara air dengan listrik.
    • Pada akhir kegaitan, guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk membacakan hasilnya (Communication).
    • Guru mengkonfimasi setiap jawaban siswa untuk kemudian memandu siswa untuk membuat kesimpulan secara bersama-sama.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca bacaan yang berjudul “Air dan Listrik” (Literasi).
    • Secara mandiri, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
    • Siswa membaca bacaan berjudul Lingkungan (Literasi).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa melakukan pengamatan berkaitan dengan cara kerja lsitrik menggunakan saklar.
    • Guru mengarahkan kepada siswa untuk membuat catatan pengamatan.
    • Berdasarkan catatan pengamatan, siswa menyusun sebuah kesimpulan dari pengamatan.
    • Hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk kemudian dievaluasi kebenarannya (HOTS).
    • Siswa secara mandiri menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa (HOTS).
    • Lingkungan bisa mempengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.
  • Ayo berdiskusi.
    • Guru mengingatkan kembali tentang isi bacaan dengan judul “Lingkungan”, guru meminta siswa untuk mencari informasi mengenai manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia (Integritas).
    • Siswa mencari informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara sederhana terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya (Mandiri).
    • Siswa menuliskan informasi yang ia dapatkan dalam tabel yang disediakan.
    • Siswa saling menukarkan informasi yang mereka dapatkan dan saling memberikan komentar positif dan saran perbaikan.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    •  Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan sumber energi lingkungan, dan keterampilan wawancara (Critical Thingking and Problem Solving).
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut merupakan kumpulan RPP lain yang  terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel