Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis di sini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 9 Subtema 2. Penulis akan mengupas komponen-komponennya. Penulis pun telah menyiapkan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Tujuan pendidik penyusunan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
 
Penyederhanan RPP menjadi berformat satu lembar dan memuat tiga komponen merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Hal ini ditujukan untuk memfokuskan kegiatan guru dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Mengingat pada mulanya guru hanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu.

Mengikuti arahan pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen).
 
Apa itu langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Inti pembelajaran berisi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktifitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.

Apa itu penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang dinilai dari peserta didik meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Apa itu penilaian sikap? Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku (tindakan) peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 2 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini adalah format inspiratif. Apakah RPP harus dibuat dalam 1 halaman? Jawabannya adalah TIDAK.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Kayanya Negeriku
Subtema  : Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 9 Kayanya Negeriku
Subtema
 : 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Muatan Terpadu
 : IPA, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca bacaan tentang sumber daya alam, siswa memahami jenis-jenis sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
  2. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan penuh tanggung jawab.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui manfaat makhluk hidup dengan penuh tanggung jawab.
  4. Dengan mengamati gambar peta, siswa mengetahui jenis dan persebaran tentang jenis dan persebaran sumber daya alam di Indonesia dengan penuh kepedulian.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat mengetahui tentang pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia dengan penuh percaya diri.
  6. Dengan melakukan wawancara, siswa mengetahui tentang sumber daya alam di sekitarnya dengan penuh percaya diri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya.
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru mengulas sekilas pembelajaran hari sebelumnya.
    • Setelah siswa dan suasana kelas dalam kondisi siap belajar, guru meminta anak memperhatikan gambar, lalu menceritakan gambar tersebut (Communication).
    • Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan.
    • Jawaban pertanyaan-pertanyaan itu ditulis pada selembar kertas.
    • Selanjutnya, jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut didiskusikan bersama.
    • Diskusi dapat dilakukan secara berkelompok atau klasikal (Collaboration).
  • Ayo membaca.
    • Siswa secara mandiri menyebutkan contoh pemanfaatan sumber energi dan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari (Literasi).
    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab berkaitan dengan jenis-jenis sumber daya alam (HOTS).
    • Guru meminta siswa membaca bacaan berjudul “Sumber Daya Alam Sebagai Modal Pembangunan” (Literasi).
  • Ayo berlatih. 
    • Siswa mencoba menemukan pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari (Critical Thingking and Problem Solving).
    • Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok diskusi (Collaboration).
    • Hasil yang diharapkan.
      • Siswa terampil mengumpulkan informasi.
      • Cermat dan tepat dalam mencari informasi.
      • Mengetahui pemanfaatan energi dan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    • Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan siklus hidup hewan, lingkungan, dan keterampilan wawancara (Critical Thingking and Problem Solving).
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua apakah berkaitan dengan menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis tampilkan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel