Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog pembelajaran ini. Blog Gurnulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 9 Subtema 3. Pada kesempatan ini Blog Gurnulis hendak mengajak Sahabat Gurnulis untuk membahas komponen-komponennya dan penulis juga memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Apa yang dimaksud dengan RPP? Dengan berdasarkan kepada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Guru menyusun RPP agar pembelajaran yang dilakukannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik

Merdeka Belajar sebagai kebijakan yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, telah memberikan kemudahan bagi guru dalam menyusun RPP. Kalau semula RPP disusun dalam banyak komponen, kini mereka diperbolehkan menyusun dalam 3 komponen saja, bahkan hanya dalam format satu lembar.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.

Apa definisi dari tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content. Apa yang dimaksud dengan audience, behaviour, dan content? Audience maksudnya adalah siswa atau peserta didik, yaitu siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content adalah materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik).

Apa definisi dari penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang dinilai dari peserta didik terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Apa definisi dari penilaian pengetahuan? Penilaian pengetahuan didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi mengenai penguasaan pengetahuan peserta didik. Bagaimana melakukan penilaian pengetahuan? Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, dan/ atau penugasan

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 3 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki maksud penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki maksud penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu ditekankan bahwa format ini adalah format alternatif.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Kayanya Negeriku
Subtema  : Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 9 Kayanya Negeriku
Subtema
 : 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Muatan Terpadu
 : IPA, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca bacaan, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
  2. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi tentang tentang usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh kepedulian.
  5. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat memahami usaha pelestarian kekayaan hayati hewan dan tumbuhan dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru meminta siswa untuk secara cermat (detail) mengamati gambar.
    • Kemudian guru memberikan kesempatan yang besar kepada siswa untuk mengomunikasikan hasil pengamatannya (Critical Thingking and Problem Solving).
    • Kemampuan analisis dan identifikasi siswa bisa distimulus melalui pertanyaan-pertanyaan yang tersedia pada buku siswa (HOTS).
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca bacaan berjudul "Lingkungan" (Literasi).
    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan (Critical Thingking and Problem Solving).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa secara mandiri menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa (HOTS).
    • Guru berkeliling untuk membantu secara privat siswa yang mengalami kesulitan.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa membuat peta konsep dari bacaan tentang dampak perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terhadap keseimbangan ekosistem (Critical Thingking and Problem Solving)
    • Kegiatan ini dapat dilakukan secara mandiri maupun kelompok, baik dalam bentu diskusi maupun ceramah (Collaboration).
    • Siswa melakukan wawancara untuk mencari informasi dan data mengenai perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu apa saja yang dapat merusak lingkungan.
    • Selesai wawancara, siswa membuat laporan hasil wawancara sesuai dengan format pada buku siswa (Critical Thingking and Problem Solving).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    • Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan siklus hidup hewan, lingkungan, dan keterampilan wawancara (Critical Thingking and Problem Solving).
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bertanya kepada orang tua, adakah hewan atau tumbuhan langka yang hampir punah atau bahkan sudah punah yang ada di daerah tempat tinggalmu.
    • Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis berikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel