Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Berjumpa kembali dengan blog yang menyediakan informasi pembelajaran di Sekolah Dasar. Kali ini penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 9 Subtema 4 untuk dibahas. Di sini penulis akan mengupas komponen-komponennya serta memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Kita mulai dari pengertian RPP ya. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pemelajaran sebagaimana yang tercantum pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.Penyusunan RPP bukanlah pekerjaan yang bersifat administratif bagi guru, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Para pendidik mesti bersyukur karena kini RPP disederhanakan formatnya hingga menjadi satu lembar. Merdeka Belajar sebagai kebijakan yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim telah memberikan kemudahan bagi para guru dalam menyusun RPP.

Mengikuti amanat yang terdapat pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen). Komponen ini boleh ditambahkan oleh guru, sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Contoh tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut.
Siswa dapat menjelaskan  tahapan proses terjadinya hujan melalui kegiatan mengamati video daur air.
  • Audience: siswa.
  • Behavior: menjelaskan.
  • Content: tahapan proses terjadinya hujan.
Audience atau siswa (peserta didik), adalah siapa yang mengikuti proses pembelajaran.  Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content adalah materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik).

Apa yang dimaksud dengan penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang harus dinilai meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Apa pengertian penilaian keterampilan? Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan mengumpulkan informasi mengenai kemampuan berpikir dan kinestetik peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Bagaimana melakukan penilaian keterampilan? Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik penilaian kinerja (praktik/ produk), penilaian proyek, dan/ atau portofolio.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 4 ini merupakan RPP literasi kegiatan berbasis proyek. Sebagaimana yang kita ketahui pada buku guru maupun buku siswa, subtema 4 merupakan subtema yang berisikan kegitan proyek.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini bukanlah format baku.

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Kayanya Negeriku
Subtema  : Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 9 Kayanya Negeriku
Subtema
 : 4 Kegiatan Berbasis Proyek
Muatan Terpadu
 : IPA, Bahasa Indonesia.
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengenal pembuatan listrik dari kentang.
  2. Siswa mampu mempraktikkan cara membuat listrik dari kentang.
  3. Siswa mampu membuat laporan kegiatan percobaan.
  4. Siswa mampu menumbuhkan rasa ingin tau, kemandirian dan percaya diri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
  • Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas).
  • Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Percobaan membuat listrik dari kentang.
    • Alat dan bahan.
      • Kentang.
      • Lampu LED (lampu bohlam kecil juga bisa).
      • Kabel panjang 1 meter.
      • Penjepit buaya.
      • Lempengan tembaga (Cu).
      • Lempengan seng (Zn).
      • Untuk penganti lempengan tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.
  • Setelah alat dan bahan tersedia, lakukan prosedur berikut.
    • Tusukkan lempengan seng dan tembaga ke dalam kentang dengan jarak 1 cm (jangan disatukan).
    • Jepitkan kabel pada masing-masing lempeng, lalu hubungkan dengan lampu.
    • Lihat nyala lampu yang terjadi.
    • Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik.
    • Namun jika masih belum menyala, bisa ditambahkan kentang lagi agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.dengan merakit  kentang.
    • Untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar dapat dilakukan beberapa butir.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, siswa mengamati manfaat kentang dalam kehidupan sehari-hari (Mandiri).
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis tampilkan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 9 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Subtema 4"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel