Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 4.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sedang menjelajah dengan mesin peramban untuk mencari RPP satu lembar kah? Kalau begitu tepat sekali, bersamaan dengan ini penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 4 untuk dibahas. Penulis akan mengupas bagian-bagiannya. Tidak lupa pula penulis telah menyiapkan file yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Ayo sama-sama kita simak.

Acuan dari pendefinisian RPP adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Pada Permendikbud tersebut dijabarkan bahwa RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP kini disederhanakan formatnya hingga cukup satu halaman saja. Acuan dari penyederhanaan ini adalah Surat Edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP.

RPP yang disederhanakan hingga cukup satu lembar saja yang formatnya merujuk pada surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP ini di dalamnya sekurangnya memuat komponen inti berukut.
  • Tujuan pembelajaran.
  • Langkah-langkah pembelajaran.
  • Penilaian pembelajaran.
Langkah-langkah penyusunan RPP dalam format satu lembar tersebut adalah sebagai berikut.
  • Menentukan identitas dari RPP. Identitas ini terdiri dari:
    • nama satuan pendidikan;
    • kelas/ semester;
    • tema;
    • subtema;
    • muatan terpadu;
    • pembelajaran ke;
    • alokasi waktu.
  • Menentukan desain pembelajaran yang terdi dari:
    • kegiatan penduhuluan, dengan menuliskan kegiatan yang harus dilakukan pada awal pembelajaran misalnya apersepsi dan mengaitkan pengetahuan awal dengan materi;
    • kegiatan inti yang berisikan sintaks dari model pembelajaran yang digunakan.
    • kegiatan penutup yang berisikan kegiatan yang harus dilakukan pada akhir pembelajaran misalnya refleksi, evaluasi, dan tindak lanjut.
  • Menentukan cara penilaian pembelajaran atau asesmen yang terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 4 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diketahui bahwa format ini bersifat inspiratif, bukan baku. RPP dengan subtema 4 merupakan RPP dari kegiatan berbasis proyek.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema  : Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema
 : 4 Kegiatan Berbasis Proyek
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara.
  2. Pengetahuan siswa meningkat.
  3. Dengan kegiatan wawancara, siswa mampu mengetahui kegiatan apa saja yang paling banyak membutuhkan air dan bisa untuk menghemat air.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam dan doa (Religius dan Integritas).
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya.
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Mengamati dan mendeskripsikan.
    • Pada Pembelajaran 1 ini, siswa diarahkan untuk melakukan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah.
    • Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
      • Kegiatan ekononomi dalam keluarga (misalnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa)
      • Kegiatan sehari-hari yang menggunakan air, baik untuk keperluan rumah tangga maupun kegiatan ekonomi.
      • Perkiraan banyak air yang digunakan untuk setiap kegiatan.
      • Sumber air yang digunakan (sumur, PDAM, atau sumber lain).
    • Hasil wawancara dicatat dalam tabel yang tersedia.
  • Mempertanyakan dan menganalisis.
    • Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi sepuluh kegiatan yang terbanyak menggunakan air.
    • Siswa dapat menuliskan dalam tabel berikut atau  menyajikannya dalam bentuk diagram.
    • Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
      • Kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak air?
      • Mengapa kegiatan itu memerlukan banyak air?
      • Apa fungsi air dalam kegiatan itu?
      • Apa fungsi dari kegiatan itu?
    • Dari analisis kegiatan ini, siswa memperoleh gagasan tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh.
    • Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak mungkin.
    • Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam cara, antara lain sebagai berikut.
      • Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan.
      • Berdiskusi.
      • Bertanya kepada guru.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, siswa mengamati kegiatan yang paling banyak menggunakan air di rumah (Mandiri).
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa (Religius).
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut merupakan daftar tautan RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 8 subtema 4, ya Sahabat Gurnulis. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 8 Subtema 4"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel