RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9 Subtema 1.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sedang merancang desain pembelajaran semester 2 dengan RPP satu lembar kah? Kalau iya, alhamdulillah kita dipertemukan pada blog yang tepat. Blog Gurnulis pada kesempatan ini hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 9 subtema 1. Di samping mengupas komponen-komponennya, penulis pun telah mempersiapkan file yang dapat Sahabat Gurnulis unduh.

Beberapa dari kita mungkin saja belum memahami secara gamblang mengenai definisi dari RPP. Mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan  silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.

Penyederhanaan RPP hingga cukup tertulis dalam satu lembar ini bertujuan untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.

Esensi dari dokumen RPP bukan sekedar berasal dari penulisannya saja, melainkan tentang proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang terjadi. Guru saat menulis sebuah RPP, kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dan guru melihat RPP-nya kembali untuk melakukan refleksi apakah maksud dari RPP yang disusun telah tercapai dalam proses pembelajaran. 

RPP satu lembar kurikulum 2013 ini terdiri dari tiga komponen inti, yaitu:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah pembelajaran  (kegiatan);
  • penilaian pembelajaran (asesmen).
Apabila dianggap perlu, guru boleh menambahkan komponen-komponen lain. Komponen-komponen lainnya bersifat pelengkap.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 9 subtema 1 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diketahui bahwa format ini bukanlah format baku. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan guru mengembangkan RPP sesuai dengan kebutuhan.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema  : Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 9 Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema
 : 1 Benda Tunggal dan Campuran
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.
  2. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat mengomunikasikan isi iklan, pengertian iklan, dan arti kata-kata dalam iklan dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar.
  4. Dengan kegiatan membaca teks mengenai zat tunggal dan campuran, siswa dapat menuliskan pengertian zat campuran dan menuliskan contoh benda termasuk zat campuran di lingkungan sekitar dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa diajak mengamati gambar benda-benda yang terdapat pada buku siswa.
    • Guru memberi stimulus kepada siswa melalui pertanyaan: 
      • Apa saja gambar yang terdapat dalam buku?
    • Selanjutnya, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa (Critical Thinking and Problem Formulation)
    • Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling kelas memandu siswa yang mengalami kesulitan.
  • Ayo membaca.
    • Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks bacaan mengenai zat tunggal dan campuran (Literasi).
    • Kemudian guru menjelaskan kepada siswa mengenai pengertian zat tunggal dan zat campuran.
    • Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan:
      • Apa saja contoh zat tunggal dan campuran?
    • Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai berbagai contoh zat tunggal dan campuran dengan percaya diri.
    • Selanjutnya, siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa
  • Ayo renungkan.
    • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
      • Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
      • Apakah benda di sekitarmu baik benda zat tunggal maupun benda zat campuran pernah kamu lihat dalam sebuah iklan?
      • Apakah benda yang diiklankan itu? (Critical Thinki8ng and Problem Formulation).
    • Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung (Mandiri).
    • Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan.
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bersama orang tua mengamati iklan pada buku siswa.
    • Siswa mendiskusikan pertanyaan pada buku siswa bersama dengan orang tua siswa.
    • Siswa menuliskan hasil diskusi pada selembar kertas.
    • Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan guru dan teman-teman.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan orang tua: siswa mengamati iklan pada buku siswa, mendiskusikan pertanyaan pada buku siswa bersama dengan orantua siswa, dan  menuliskan hasil diskusi pada selembar kertas (Mandiri).
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut merupakan daftar link ke RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 9 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 9 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel