Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis pada kesempatan ini menyajikan RPP satu lembar Kelas 6 Tema 6 Subtema 3. Penulis hendak mengupas pratinjau RPP dan menyediakan unduhan file-nya dalam format Microsoft Word. Sahabat Pendidik dapat mengunduhnya pada tombol di bawah ulasan ini.

Dengan beradasarkan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP diketahui sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Komponen inti dari RPP satu lembar itu apa saja? Komponen intinya terdiri dari:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran  (asesmen);
Ketiga komponen di atas mengacu pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019. Dapatkah komponen inti ini ditambah dengan komponen lain? Jawabannya adalah dapat. Guru diperbolehkan untuk menambah komponen lain yang dianggap perlu.

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 

RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema. Guru tidak harus membuat silabus karena Buku II KTSP (silabus) sudah disusun oleh Pemerintah. RPP disusun dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada murid.  Efisien memiliki pengertian penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki pengertian penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki pengertian penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
Berikut meruapakan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema  : Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema
 : 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Muatan Terpadu
 : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan berdiskusi tentang tanggung jawab, siswa dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan kata kunci dan memperaktekkan isi teks dari kata kunci.
  3. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menyebutkan gagasan utama dari setiap paragraf dalam teks nonfiksi dengan tepat.
  5. Dengan kegiatan berdiskusi tentang tanggung jawab sebagai warga negara, siswa dapat menjelaskan contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  6. Dengan kegiatan menulis upaya mengembangkan kehidupan menuju masyarakat sejahtera, siswa dapat mengidentifikasi upaya mengembangkan kehidupan menuju masyarakat sejahtera dengan tepat.
  7. Dengan kegiatan mencoba melakukan wawancara, siswa dapat menyampaikan laporan wawancara tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan percaya diri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa  berdiskusi dengan teman sebangku tentang tanggung jawab sebagai warga negara.
    • Siswa diminta menuliskan pada kolom yang telah disediakan
  • Catatan.
    • Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi secara detail sumber informasi.
    • Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data.
    • Komunikasi: ajarkan siswa untuk mengungkapkan hasil eksplorasi dalam bentuk tulisan.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca bacaan berjudul “Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara”.
    • Siswa menuliskan kesimpulan diskusi tentang pasal-pasal Undang-undang
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mencari gagasan utama dalam teks nonfiksi dan menuliskannya dalam tabel yang telah disediakan pada buku siswa.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 anak (Collaborative).
    • Siswa berdiskusi tentang tanggung jawab sebagai warga negara.
    • Siswa memberikan contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ayo menulis.
    • Siswa melakukan identifikasi tentang upaya mengembangkan kehidupan menuju masyarakat sejahtera.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa mewawancarai pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat indonesia sejahtera.
    • Siswa diminta membuat laporan hasil wawancara (Communication).
  • Ayo renungkan.
    • Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bersama kedua orang tua mengamati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggal tentang perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 6

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga membantu.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel