RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Blog Gurnulis kali ini memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2 yang dapat diunduh. Pada artikel ini pun Blog Gurnulis menyertakan tautan file dalam format Microsoft Word yang dapat diunduh. Apakah Sahabat Gurnulis sedang mencari-carinya?
 
Apa sih pegnertian dari RPP itu? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP pengertiannya adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan oleh guru berdasarkan silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2 hingga menjadi satu lembar ini merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini berisikan penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Apa saja komponen RPP-nya? Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2 ini mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponennya sekurang-kurangnya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru diberikan kelonggaran untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan tiga prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru yang pada mulanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Format penyusunan RPP satu lembar apakah dibakukan? Jawabannya adalah tidak. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema  : Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema
 : 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Muatan Terpadu
 : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan membaca tentang hak sebagai warga negara, siswa dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.
  2. Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, siswa dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.
  3. Dengan kegiatan berdiskusi tentang ketentuan pasal-pasal, siswa dapat menuliskan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur tentang hak warga negara Indonesia dengan tepat.
  4. Dengan kegiatan menulis perilaku warga negara Indonesia, siswa dapat menuliskan perilaku warga negara Indonesia

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa menjelaskan kembali dengan bahasanya sendiri tentang hak sebagai warga negara Indonesia (HOTS).
    •  Siswa membaca bacaan teks nonfiksi.
  • Ayo berlatih.
    • Guru menjelaskan pengertian teks nonfiksi dan pengertian tentang gagasan utama.
    • Siswa menuliskan hasil identifikasinya seperti contoh yang terdapat pada buku siswa.
  • Catatan.
    • Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi secara detail sumber informasi.
    • Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data.
    • Komunikasi: ajarkan siswa untuk mengungkapkan hasil eksplorasi dalam bentuk tulisan.
    • Siswa membacakan hasilnya di depan teman sekelas dengan percaya diri.
    • Siswa lain untuk menanggapi dengan cara menambahi jawaban, menyanggah, atau memberi masukan (Critical thinking and Problem Solving).
  • Ayo berlatih.
    • Guru menjelaskan tentang hak warga negara ditetapkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
    • Siswa berdiskusi tentang ketentuan pasal-pasal yang mengatur tentang hak warga negara (Collaborative).
    • Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dengan menambah jawaban atau memberikan masukan (Critical thinking and Problem Solving).
  • Ayo menulis.
    • Siswa menuliskan perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI.
  • Ayo renungkan.
    • Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung dalam bentuk tulisan (Creativity and Innovation).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bersama kedua orang tua mengamati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggal tentang perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Daftar RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses adalah sebagai berikut. Sahabat dapat mengeksplorasi RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Boleh sahabat pendidik unduh, semoga memberikan manfaat bagi pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel