Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Apa kabar pembelajarannya? Selaun lancar saja bukan? Pada artikel ini, Blog Gurnulis ingin berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 1. Sahabat pun bisa mengunduhnya di sini.
 
Penulis ingin sedikit mengingatkan hakikat RPP. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP definisinya adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
 
Setiap pendidik yang mengabdikan diri di sekolah berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
 
RPP dengan format satu lembar sendiri dapat disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
 
Acauan dari format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 1 adalah surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen inti sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajara.
  2. Langkah-langkah pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran.
Adapun desain pembelajaran tematik yang terkandung dalam RPP tersebut tetap memiliki alur: (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan penutup.

 
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema  : Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema
 : 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu
 : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  3. Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
  4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”. 
    • Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan warga.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.
    • Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
    • Siswa  membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.
    • Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya (Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation).
  • Ayo membaca.
    • Siswa memperhatikan artikulasi saat membaca.
    • Siswa lain diminta untuk menyimak.
    • Alternatif lain, guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
    • Siswa diminta untuk menyimak.
    • Siswa menceritakan kembali teks materi yang telah ia baca sebelumnya.
    • Siswa mampu mengidentifikasi perilaku positif di masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari (Creativity and Innovation).
  • Ayo berlatih.
    • Setelah siswa membaca teks "Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia", guru dan siswa membahasnya sebentar.
    • Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
    • Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.
    • Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.
    • Hasil yang diharapakan siswa mampu mengidentifikasi perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan.
  • Ayo renungkan.
    • Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (Mandiri).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/ proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut tautan-tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 6 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran.

Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel