Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik, Blog Gurnulis di sini. Blog Gurnulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2 ya. RPP ini adalah RPP dengan format yang disederhanakan. Pada artikel kali ini Sahabat dapat menyimak ulasannya dan mengunduh file-nya.
 
Sebelumnya, penulis ingin mengulas pengertian RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dideskripsikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini dijelaskan dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2 dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2 yang disederhanakan ini mengikuti kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen tersebut terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Dalam suasana Merdeka Belajar ini, pendidik diberikan kebebasan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP sesuai dengan 3 prinsip di atas. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2 ini adalah untuk meringankan kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Pertanyaannya, adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kepemimpinan
Subtema  : Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 7 Kepemimpinan
Subtema
 : 2 Pemimpin Idolaku
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan dan contoh kegiatan dengan benar.
  2. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai persatuan dengan benar.
  3. Melalui kegiatan mandiri, siswa dapat menyusun konsep urutan isi pidato.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo menulis.
    • Siswa diajak bertanya jawab mengenai pemimpin idolanya dan alasan mengapa menjadi pemimpin idola (HOTS).
    • Siswa menuliskan nama pemimpin idolanya, nilai-nilai kepemimpinannya, dan contoh kegiatan yang dilakukan.
    • Selanjutnya, setiap siswa diminta menyebutkan nama pemimpin idolanya, posisi, bidang kepemimpinan, dan prestasinya.
    • Salah satu siswa mencatat dan menuliskan dalam bentuk tabel seperti pada Buku Siswa.
    • Seluruh siswa berdiskusi untuk merangkum nilai-nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya.
    • Hasilnya menjadi karya kelas dan dapat dipajang pada dinding kelas (Creativity and Innovation).
  • Hasil yang diharapkan.
    • Siswa dapat mengemukakan pendapatnya mengenai pemimpin idolanya kepemimpinan di sekitarnya.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks bacaan berjudul “Pamanku, Lurah Idola”.
    • Kegiatan membaca dapat dilakukan secara bergantian.
    • Salah satu siswa membaca satu paragraf, siswa lain mendengarkan. Paragraf selanjutnya dibaca oleh siswa yang berbeda.
    • Siswa menyebutkan informasi-informasi penting dari bacaan.
    • Siswa membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia” sebagai berikut.
      • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.
      • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
      • Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
      • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
      • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.
    • Siswa diajak bertanya jawab tentang penerapan nilai-nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari (Critical thinking and Problem Solving).
    • Siswa menuliskan contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat berada di sekolah serta manfaatnya bagi diri siswa dan lingkungannya.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa membuat rancangan pidato dengan tema mengajak teman sekolah membantu warga untuk belajar membaca.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    • Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan hal-hal berikut.
      • Apakah mudah untuk menjadi pemimpin idola? Mengapa?
      • Apakah kamu dapat menjadi pemimpin idola? Jelaskan!
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Bersama orang tuanya, siswa mengidentifikasi pemimpin-pemimpin di lingkungan sekitar tempat tinggal.
    • Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Untuk mempermudahkan Sahabat Pendidik mencari RPP lain yang berkaitan dengan RPP ini, penulis sajikan tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan dimanfaatkan untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel