RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kembali Blog Gurnulis membagikan RPP satu lembar kurikulum 2013. Pada kesempatan ini Penulis hendak berbagi RPP satu lembar Kelas 6 Tema 7 Subtema 3. Karena kita berjumpa pada artikel ini, penulis pun yakin Sahabat tengah mencarinya. Yuk, sama-sama kita pelajari. Penulis juga menyediakan tautaun unduhan RPP-nya lho.

RPP satu lembar kurikulum 2013 ini merupakan RPP dengan penyederhanaan format. Penyederhanaan ini mengikuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Pengertian dari RPP sendiri adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini sesuai dengan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

Untuk menyusun RPP satu lembar, guru harus merujuk pada silabus. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema. Apakah guru harus membuat silabus? Tidak! Guru tidak harus membuat silabus. Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah berdasarka Lampiran Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 tentang KTSP.

Apa tujuan guru menyusun RPP? Tujuan guru menyusun RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Penyusunan RPP bukan merupakan pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Apa saja komponen inti dari RPP satu lembar kurikulum 2013? Komponen intinya adalah:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen)
Ketiga komponen inti ini dapat ditambah dengan komponen yang lain. Komponen lain yang dimaksud adalah komponen yang tercantum dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan komponen lain yang dianggap perlu oleh guru.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Format ini bukanlah format baku.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kepemimpinan
Subtema  : Subtema 3 Ayo Memimpin
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 7 Kepemimpinan
Subtema
 : 3 Ayo Memimpin
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, PPKn
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada bacaan tentang kepemimpinan dengan teliti.
  2. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai keadilan dengan benar.
  3. Melalui penugasan, siswa dapat menyusun konsep isi pidato dengan baik.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo menulis.
    • Siswa membaca teks “Semut dan Belalang”.
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
      • Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
      • Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
      • Bagaimana cara Semut bekerja?
      • Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
    •  Siswa menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengisi diagram yang tersedia untuk menulis tentang kelebihan dan kekurangan dirinya, serta menuliskan hal yang akan ia lakukan setelah mengetahui kedua hal tersebut.
    • Setiap kotak diisi dengan paling sedikit 4 poin.
    • Siswa menyampaikan hasil tulisannya kepada seluruh siswa di depan kelas, atau kepada seorang temannya.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa mengetahui bahwa bekerja sama dan gotong-royong adalah salah satu pengamalan nilai persatuan dan kesatuan
    • Guru bertanya hal-hal berikut.
      • Kegiatan apa saja yang membutuhkan kerja sama atau gotong-royong di sekolah? Mengapa? (HOTS).
    • Secara individual, siswa mencatat kegiatan-kegiatan yang membutuhkan gotong-royong di sekolah beserta alasannya.
    • Siswa membandingkan hasilnya dengan teman sebelahnya.
    • Guru bertanya hal-hal berikut.
      • Kegiatan apa saja yang memerlukan musyawarah di sekolah? (HOTS).
  • Ayo membaca.
    • Guru bertanya hal-hal berikut.
      • Tahukah kalian tentang koperasi?
      • Bagaimana orang-orang di koperasi bekerja?
      • Apa manfaatnya bagi anggota?
    • Siswa membaca dalam hati teks “Sejahtera Bersama Koperasi” untuk memahami maknanya.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa berlatih merancang teks pidato dengan mengingat kembali teks pidato. Guru mengingatkan kepada siswa tentang struktur teks pidato.
    • Siswa menyampaikan rancangan teks pidatonya kepada seorang teman, untuk dikomentari atau diberi saran perbaikan (Critical thinking and Problem Solving).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    • Siswa diminta merefleksikan hal-hal berikut.
      • Mengapa gotong royong dan musyawarah penting dalam kehidupan?
      • Materi apa yang paling menarik untuk dipelajari hari ini? Mengapa?
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Bersama orang tuanya, siswa mengidentifikasi pemimpin-pemimpin di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  • Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Untuk mempermudahkan pencarian, penulis sortir daftarnya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 7 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajaran di kelasnya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel