Iklan Header

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Soal-soal AKM literasi teks informasi level 2 untuk kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah
Assalamualaikum, halo sahabat Gurnulis. Kita bertemu lagi di blognya guru ndeso ini ya. Sebelumnya penulis telah berbagi kumpulan soal AKM literasi teks fiksi level 2 dengan sahabat. Sahabat dapat mengaksesnya pada tautan tersebut. Pada artikel ini, penulis hendak berbagi soal literasi teks yang satunya lagi, yaitu literasi teks informasi. Masih pada level 2 tentunya. Level ini ditujukan untuk kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar ataupun Madrasah Ibtidaiyyah.

Kembali kepada AKM, apakah sahabat pendidik sudah memahami pengertiannya? Terlepas dari sudah atau belumnya, tidak ada salahnya penulis bahas kembali ya. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum didefinisikan sebagai penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Apa itu Asesmen Nasional? Asesmen Nasional atan AN merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Bagaimana dengan literasi pada teks informasi? Literasi teks informasi merupakan literasi pada teks yang  bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Jenis teks informasi yang digunakan pada AKM adalah iklan, dokumen perusahaan atau pemerintahan (nota dinas, undangan, kontrak, pemberitahuan, pengumuman, dan sebagainya), berita, artikel, laporan, pidato, buku pelajaran, pamflet, brosur, buletin, infografis, label (makanan atau obat), resep (makanan atau minuman), ulasan (resensi buku, film, atau drama), jurnal ilmiah, laporan penelitian ilmiah, buku panduan, dan editorial.

Sebenarnya penulis telah banyak mengulas bahasan terkait AKM literasi teks informasi ini. Sahabat pendidik dapat mengakses tulisan mengenai Asesmen Nasional maupun Asesmen Kompetensi Minimum pada tautan-tautan di bawah ini. Semua tautan akan terbuka pada tab baru, jadi sahabat pendidik tidak perlu merasa cemas akan tertimpanya artikel ini.

Soal-soal AKM yang tersaji pada artikel ini bersumber dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyuntingnya menjadi dua bagian, yaitu bagian bacaan dan bagian soal. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan. Meski demikian, penulis telah mempersiapkan versi PDF-nya yang lebih teratur. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, sahabat dapat meng-klik tautan unduhan di akhir tulisan. Jadi, mohon disimak baik-baik ya.

 

Bahan Bacaan Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan Kelas 4)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1, 2, 4, 6, 11.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Tidur cukup sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan mudah marah, dan membuat kita tidak fokus dalam belajar. Kurang tidur juga akan membuat kita mudah lupa.  Lingkaran hitam di bawah mata bernama mata panda, bisa terjadi pada orang yang kurang tidur.  Jam tidur manusia berbeda-beda. Anak kecil tidur lebih lama dari orang dewasa.  Salah satu cara agar tidur pulas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3, 7, 16, 17.
Kuda Laut
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Kuda laut merupakan hewan laut yang memiliki kepala berbentuk kepala kuda dan moncong yang panjang. Ukuran tubuh kuda laut bervariasi dan bisa mencapai sekitar 35 cm. Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk. Kuda laut berenang dengan sangat lambat karena bentuk tubuhnya yang tegak. Bentuk tubuh yang tegak membuat kuda laut berenang secara vertikal, bukan horizontal seperti ikan lainnya.   Selain tubuhnya yang unik, kuda laut juga memiliki cara berkembang biak yang unik. Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung yang ada di perut kuda laut jantan. Kuda laut jantan juga membawa telur-telur itu ke mana pun ia pergi. Ketika waktu melahirkan tiba, kuda laut jantan membuka kantung di perutnya. Ratusan bayi kuda laut berhamburan ke laut. Sayangnya, dari ratusan bayi tersebut, hanya beberapa saja dapat yang bertahan hidup hingga dewasa dan berkembang biak. Populasi kuda laut terus menurun akibat pemangsa, polusi, perusakan habitat, dan perdagangan secara ilegal.


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5, 8, 9, 10, 15.

Bang Idin Penjaga Lingkungan
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Di Jakarta Selatan ada sebuah kali bernama Kali Pesanggrahan. Dulu air kali itu bisa dipakai untuk mandi dan bersih-bersih. Namun, sayangnya, banyak yang membuang sampah di sana. Semakin hari kondisinya semakin memprihatinkan. Melihat kondisi tersebut, Bang Idin tergerak untuk membersihkan kali dan menanam pohon di sepanjang kali itu. Tujuannya adalah agar ketika hujan, air kali tidak meluap sehingga menimbulkan banjir. Dia juga mengajak orang lain untuk terlibat. Selama membersihkan lingkungan, tokoh sederhana lulusan SD ini kerap mengalami berbagai kendala dan cobaan yang tidak mudah dilalui. Akan tetapi, karena keteguhan hatinya, ia dapat meyakinkan masyarakat untuk melakukan berbagai usaha konservasi lingkungan. Atas jasanya menjaga lingkungan bersih, Bang Idin mendapat banyak penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Kalpataru, yang diberikan kepada orang yang berjasa dalam menjaga kelestarian lingkungan. Bang Idin membuktikan bahwa siapa pun bisa menjadi pahlawan.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Sekarang, kali Pesanggrahan sudah bersih dan ribuan pohon buah dan sayuran tumbuh di pinggiran kali itu.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 12, 13.
Senam Poco-Poco
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Tina sudah siap hari ini. Di sekolahnya akan ada lomba senam poco-poco. Bapak Guru sudah mengajarkan senam ini kepada Tina dan teman-temannya. Pada awalnya, senam poco-poco biasa dilakukan oleh tentara dan polisi setiap pagi. Senam poco-poco tidak susah. Tina sudah berlatih bersama teman-temannya. Semua sudah menghafal gerakannya.  Tina harus melangkah ke kanan, lalu kembali lagi ke kiri. Setelah itu, Tina harus melangkah ke belakang dan kembali lagi ke depan. Tina senang bisa ikut lomba senam poco-poco. Senam poco-poco dilakukan oleh beberapa orang secara bersama-sama.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14, 18.
Teks 1.
Indonesia adalah negara penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia. Setiap tahun sekitar 300 kg makanan dibuang setiap orang di Indonesia. Bayangkanlah tumpukan 4.000 kulit pisang. Seperti itu timbunan sampah makanan kita setiap tahun. Jumlah makanan yang terbuang itu bisa memberi makan jutaan orang di negara ini. Padahal, masih ada jutaan anak Indonesia yang menderita kelaparan dan gizi buruk. Salah satu sebab berlimpahnya limbah makanan adalah perilaku kurang bijak. Masih banyak orang Indonesia yang tidak menghabiskan makanannya atau membiarkan makanan hingga kadaluarsa. Kita harus mengubah sikap.
 
Teks 2.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 19.
Makna di Balik Warna-Warni Tempat Sampah
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Berdasarkan warnanya, ada lima jenis tempat sampah yang memiliki fungsi berbeda. Apa saja, ya?     
 
Tempat Sampah Warna Hijau
Tempat sampah berwarna hijau digunakan untuk sampah organik. Contohnya: sisa makanan, dedaunan, sisa sayuran, kulit buah, daging, atau benda yang mudah terurai.
 
Tempat Sampah Warna Kuning
Tempat sampah warna kuning digunakan untuk jenis sampah bukan organik. Contohnya: plastik, botol air minum, ember, dan sebagainya.
 
Tempat Sampah Warna Merah
Tempat sampah warna merah digunakan untuk mengumpulkan barang berbahaya beracun (B3). Contohnya: deterjen, barang kimia, cairan pembersih lantai, obat, dan sejenisnya.
 
Tempat Sampah Warna Biru  Tempat sampah berwarna biru ini khusus untuk menampung sampah kertas. Contohnya: majalah bekas, koran, atau kardus.
 
Tempat Sampah Warna Abu-abu
Tempat sampah warna abu-abu ini digunakan khusus untuk sampah yang tidak bisa terurai dan tidak bisa didaur ulang. Contohnya: popok bayi dan permen karet.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 20.
Tips Merawat Buku Kesayangan
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Apakah teman-teman senang membeli buku lalu menyimpannya karena suatu saat ingin membacanya lagi? Sayang sekali jika buku yang teman-teman punya dibiarkan begitu saja tanpa merawatnya. Buku bisa saja rusak, dimakan rayap, berdebu, kertasnya menguning, bahkan halaman bukunya terlepas. Untuk itu, buku-buku yang kita punya perlu dirawat dengan baik agar tidak rusak ketika kita ingin membacanya di kemudian hari. Nah, bagaimana caranya?
 
1. Menyampul Buku
Buku yang baru dibeli diberi sampul plastik yang kedap udara. Kalau bisa sampul plastiknya yang agak tebal agar tidak mudah robek. Periksa buku kamu secara berkala. Jika sampul plastik tadi sudah rapuh dan rusak, kamu bisa menggantinya dengan sampul yang baru.
 
2. Gunakan Pembatas Buku
Ada saatnya kita tidak bisa selesai membaca buku sekaligus dalam sekali baca. Biasanya kita memberi tanda di halaman terakhir yang dibaca dengan cara melipat ujungnya. Nah, jika kita lipat, buku bisa rusak. Oleh karena itu, gunakanlah pembatas buku yang tipis untuk menandai halaman.
 
3. Memberi Coretan di Kertas Lain
Mencoret buku juga sebaiknya tidak dilakukan. Kalaupun teman-teman ingin membuat catatan, ataupun menandai bacaan, kutipan menarik pada bacaan, kamu bisa menulisnya di kertas lain dan menempelkannya pada halaman.
 
4. Hindari Membaca Sambil Makan atau Minum
Sebagian orang sering membaca sambil makan dan minum dengan kondisi tangan yang basah dan masih kotor bekas remahan makanan. Hal ini dapat meninggalkan noda dan membuat buku menjadi kotor.
 
5. Memberi Kamper di Rak Buku
Jika kita menyimpan dan menyusun buku-buku yang kita punya dalam sebuah rak, jangan lupa, ya, untuk menaruh kamper atau kapur barus di beberapa sudut rak. Ini berguna untuk menjauhkan buku-buku kita dari serangan rayap atau serangga pengganggu lainya dan menghindari bau apak.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 21.
Kolibri
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Kolibri adalah burung terkecil di dunia dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air.
 
Jenis kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa. Ada juga jenis lain yang akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu, lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut. Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang. Hal tersebut dikarenakan biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudian berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain. Selain madu dan nektar ada makanan alternatif yang bisa diberikan ke burung kolibri yaitu ulat dan kroto (telur semut). Susu kental manis merek apa saja juga bisa dijadikan sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri.
 
Kaki-kaki kolibri amat kecil sehingga ia tidak dapat berjalan atau melompat. Ia harus terbang untuk bepergian ke mana pun. Ketika terbang, burung kolibri mengepakkan sayapnya begitu cepat. Hal tersebut menimbulkan bunyi mendesing. Untuk tempat tinggal, kolibri membangun sarang dari ranting, lumut, dan jaring laba-laba. 
 

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 1 (uraian)

Apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Mata terlihat seperti mata panda karena kurang tidur.
 

Soal nomor 2 (pilihan ganda kompleks)

Informasi apa yang kita dapatkan dari bacaan di atas? Kamu bisa memilih dua jawaban yang paling tepat!
A. Pentingnya tidur cukup bagi kesehatan.
B. Kurang tidur membuat kita lebih fokus belajar.
C. Anak kecil sebaiknya dibacakan cerita sebelum tidur.
D. Anak kecil memerlukan tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan D. 

Soal nomor 3 (uraian)

Mengapa kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Karena bentuk tubuhnya tegak.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 4 (pilihan ganda)

Cara yang dapat kita lakukan agar bisa tidur dengan nyenyak adalah .…
A. belajar sebelum tidur
B. berolahraga sebelum tidur
C. mandi sebelum tidur
D. mematikan lampu sebelum tidur!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D

Soal nomor 5 (pilihan ganda kompleks)

Manakah yang merupakan gagasan pokok yang terkandung dalam teks di atas? Boleh memilih lebih dari satu jawaban.
  • Di Jakarta Selatan ada Kali Pesanggrahan.
  • Bang Idin membersihkan Kali Pesanggrahan.
  • Bang Idin mengajak orang lain untuk menanam pohon di kali itu.
  • Ketika hujan, air kali meluap sehingga terjadi banjir.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan

Di Jakarta Selatan ada Kali Pesanggrahan. (gagasan pokok);
Bang Idin membersihkan Kali Pesanggrahan. (gagasan pokok);
Bang Idin mengajak orang lain untuk menanam pohon di kali itu. (gagasan pokok);
Ketika hujan, air kali meluap sehingga terjadi banjir. (bukan gagasan pokok)

Soal nomor 6 (pilihan ganda kompleks)

Manakah pernyataan yang benar tentang manfaat tidur cukup bagi kesehatan? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Membantu kita untuk fokus dalam belajar.
B. Membuat kita lebih mudah mengingat sesuatu.
C. Menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.
D. Membuat kita lebih sabar dan tidak mudah marah.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan D

Soal nomor 7 (uraian)

Menurut kamu, apakah gambar kuda laut dalam bacaan sesuai dengan uraian dalam bacaan? Mengapa?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bentuk kepala, moncong, dan tubuh pada gambar sesuai dengan bacaan. Namun, gambar tidak menunjukkan kuda laut yang ada di laut sehingga tidak bisa terlihat cara berenangnya.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya. (7 Soal)

Soal nomor 8 (pilihan ganda kompleks)

Apa yang dilakukan Bang Idin untuk melestarikan lingkungan Kali Pesanggrahan? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Membersihkan sampah.
B. Membuat tanggul.
C. Menanam pohon.
D. Melebarkan sungai.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan C.
 

Soal nomor 9 (pilihan ganda kompleks)

Apa saja yang mungkin terjadi dengan Kali Pesanggrahan jika Bang Idin tidak tergerak untuk menjaga kelestarian kali itu? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Kali Pesanggrahan akan mengering karena tidak ada resapan air.
B. Pohon semakin berkurang sementara sampah semakin banyak.
C. Kali Pesanggrahan akan terjaga secara alami karena tidak terjamah perbuatan manusia.
D. Air sungai dari Kali Pesanggrahan meluap sehingga bisa menyebabkan banjir.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan D.
 

Soal nomor 10 (uraian)

Setelah membaca informasi  di atas, apa yang bisa kita teladani dari cerita tentang Bang Idin?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kita harus bersikap peduli dan menjaga lingkungan.
 

Soal nomor 11 (uraian)

Andi adalah seorang anak kelas 5 SD. Menurut artikel di atas, berapa lama waktu tidur yang diperlukan Andi setiap harinya? Mengapa?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Andi perlu tidur selama 9--11 jam karena usia Andi adalah usia anak sekolah.
 

Soal nomor 12 (pilihan ganda kompleks)

Selain tubuh yang sehat dan bugar, apa manfaat senam yang dilakukan secara bersama-sama? Kamu boleh memilih lebih dari satu jawaban.
A. Menjaga kekompakan antarteman.
B. Membuat hati riang gembira.
C. Menjadi lebih bersemangat.
D. Menambah pintar dan cerdas.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan C.
 

Soal nomor 13 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan bacaan dan gambar di atas, manakah di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai kriteria penilaian lomba poco-poco? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
A. Kekompakan gerakan.
B. Harga baju dan sepatu.
C. Keserasian seragam.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan C.
 

Soal nomor 14 (pilihan ganda)

Apa dampak perilaku tertib dalam mengonsumsi makanan?
A. Sedikit  anak Indonesia yang  kekurangan makanan.
B. Penyakit busung lapar tidak akan pernah ada di Indonesia.
C. Orang Indonesia sering membiarkan makanan kadaluarsa.
D. Menghilangkan 300 kg sampah makanan.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 15 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan bacaan di atas, sebutkan contoh pelestarian lingkungan yang bisa kita lakukan di lingkungan sekolah!
A. Membersihkan sampah dan menanam pohon.
B. Memilah-milah sampah.
C. Menggunakan barang dari plastik untuk bahan belajar.
D. Menghemat penggunaan listrik
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan B.
 

Soal nomor 16 (pilihan ganda kompleks)

Cermati pernyataan-pernyataan berikut dan tentukan benar atau salahnya!
  • Kuda laut memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih.
  • Semua kuda laut memiliki ukuran tubuh  yang sama, yaitu sepanjang 35 cm.
  • Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur.
  • Kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk.
  • Kuda laut betina dan kuda laut jantan membawa telur-telur mereka kemana saja mereka pergi.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kuda laut memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih. (Salah);
Semua kuda laut memiliki ukuran tubuh yang sama, yaitu sepanjang 35 cm. (Salah);
Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur. (Benar);
Kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk. (Benar);
Kuda laut betina dan kuda laut jantan membawa telur-telur mereka kemana saja mereka pergi. (Salah)
 

Soal nomor 17 (urian)

Suatu ketika kamu bermain ke pantai dan menemukan kuda laut. Apa yang seharusnya kamu lakukan agar populasi kuda laut tidak berkurang?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tidak mengganggunya dan membiarkannya hidup di laut.
 

Soal nomor 18 (pilihan ganda kompleks)

Pilihlah pernyataan yang berkaitan dengan isi bacaan di atas! Kamu boleh memilih lebih dari satu!
A. Jika kamu sering tidak menghabiskan makananmu, kamu ikut meningkatkan kelaparan masyarakat.
B. Jika kamu menyimpan makanan secara benar, kamu ikut membantu menurunkan gizi buruk anak Indonesia.
C. Jika kamu menghabiskan makananmu, kamu membuat anak Indonesia kekurangan makanan.
D. Menumpuk 4.000 kulit pisang  bertentangan dengan prinsip masak seperlunya.
E. Membuat hiasan dinding dari kulit pisang kering contoh perbuatan hidup tertib.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan B

Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 19 (uraian)

Perhatikan gambar pada teks!  Tuliskan satu hal yang membuat gambar tersebut tidak sesuai dengan isi teks!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jumlah atau warna.
  

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 20 (pilihan ganda)

Tujuan penulis menuliskan bacaan tersebut adalah …
A. mengajak kita untuk sering membeli buku.
B. memberitahu pentingnya membaca buku.
C. menginformasikan cara merawat buku.
D. membuat ruangan penyimpanan buku.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 21 (uraian)

Menurutmu, apakah kolibri dapat kamu pelihara di rumahmu?  Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban "ya", kemungkinan alasan:
  • Karena mudah dipelihara.
  • Karena makanannya mudah ditemukan.
  • Karena tidak sulit untuk merawatnya.
Bukti Kalimat:
Selain madu dan nektar ada makanan alternatif yang bisa diberikan ke burung kolibri yaitu ulat dan kroto (telur semut). Kental manis merek apa saja juga bisa dijadikan sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri.
 
Jawaban "tidak", kemungkinan alasan:
  • Karena kolibri bertubuh kecil sehingga akan ringkih.
  • Karena burung kolibri sebagian besar hidup di Amerika.
Bukti Kalimat:
Kolibri adalah burung terkecil di dunia dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm. Jawaban Tidak Kemungkinan alasan:
  • Karena kalau dipelihara kolibri tidak akan hidup dengan bebas.
  • Karena burung kolibri sangat kecil dan harus selalu terbang jadi tidak mungkin tinggal di dalam sangkar.
Bukti Kalimat:
Kaki-kaki kolibri amat kecil sehingga ia tidak dapat berjalan atau melompat. Ia harus terbang untuk bepergian ke mana pun. 
 
Pedoman Jabawan:
  • Skor 2: Siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang mendukung jawaban disertai bukti kalimat yang tepat.
  • Skor 1: Siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang kurang tepat, tetapi menyertakan bukti kalimat yang tepat. Atau siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang tepat, tetapi tidak menyertakan bukti kalimat yang tepat.
  • Skor 0: Siswa hanya menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan dan bukti kalimat yang tidak tepat. Atau siswa hanya menjawab “Ya” atau “Tidak” tanpa alasan dan bukti kalimat. Catatan: Untuk bukti kalimat masing-masing ada 2, siswa menyertakan salah 1 saja tidak masalah.
 

Demikianlah ulasan tentang soal-soal AKM literasi teks informasi level 2 untuk kelas 3 dan kelas 4 SD/ MI. Sahabat poendidik boleh mendapatkan file PDF-nya pada tautan di bawah ini.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS INFORMASI LEVEL 2

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

3 Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4)"

nurmakin.blogsport.com mengatakan...

Numpang copy, semoga b

nurmakin.blogsport.com mengatakan...

Mohon izin copy, s

nurmakin.blogsport.com mengatakan...

Mohon izin ngopy, semoga bermanfaat, terima kasih

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel