Iklan Header

Mengenal Asesmenpedia Pusmenjar

Mengenal Asesmenpedia - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai Asesmenpedia, sebuah media sosial yang dibuat oleh Pusmenjar Kemendikbud untuk para guru saling berbagi informasi seputar asesmen.
Halo Sahabat Gurnulis. Masih bersemangat untuk asesmen kah? Atau mungkin malah sedang mencari-cari wadah untuk berbagai informasi asesmen. Kalau iya, alhamdulillah, pada artikel ini penulis hendak berbagi informasi tentang wadah tersebut. Yuk, disimak.

Sahabat pendidik akhir-akhir ini mungkin pernah terdengar tentang Asesmenpedia ya? Kalau ya, artinya sahabat telah menemukan wadah yang tepat untuk menyalurkan dan mencari informasi asesmen. Kalau belum, berikut penjelasannya.

Pengertian Asesmenpedia

Asesmenpedia merupakan media bagi guru untuk saling berbagi dan bertukar ilmu, khususnya mengenai asesmen tingkat kelas yang berkualitas, inovatif, dan inspiratif. Asesmenpedia ini dibuat oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Pusmenjar Kemendikbud.

Asesmenpedia dihadirkan sebagai tempat kolaborasi bagi guru-guru hebat dari berbagai mata pelajaran dan jenjang seluruh Indonesia untuk dapat saling bertukar informasi, ide dan pengetahuan tentang soal-soal yang inovatif.  Dengan dibentuknya Asesmenpedia diharapkan terjalin kegiatan saling berbagi ilmu, pengetahuan dan wawasan dalam pembuatan soal para guru di seluruh Indonesia.
Mengenal Asesmenpedia - www.gurnulis.id
Semangat Asesmenpedia adalah belajar bersama dari semua guru untuk semua guru. Di dalam Asesmenpedia disediakan berbagai fitur yang membuat anda dapat melihat berbagai jenis soal. Soal-soal ini dibuat oleh guru-guru hebat yang sudah bergabung di Asesmenpedia. Selain itu, Anda dapat mengunduh soal-soal yang dipilih dan memanfaatkannya untuk asesmen di kelas. Para guru juga diberi kesempatan untuk mengunggah soal-soal hasil karya sendiri ke dalam Asesmenpedia sebagai bentuk kolaborasi bersama guru-guru hebat di seluruh Indonesia.

Asesmenpedia dirancang sebagai forum interaksi antarguru untuk dapat saling memberikan saran, komentar, menyukai, atau tidak menyukai, memberikan rating, bahkan melaporkan jika ada soal yang tidak relevan.
 

Cara Kerja Asesmenpedia

Asesmenpedia berisi soal-soal tertulis dan non tertulis yang inovatif dan menginspirasi dari berbagai mata pelajaran di seluruh jenjang. Bagi guru ataupun praktisi pendidikan yang mempunyai NIK dan NPSN bisa mendaftar sebagai anggota di Asesmenpedia sehingga bisa memiliki akses penuh terhadap semua fitur yang ada pada Asesmenpedia. Apa saja sih kelebihannya? Kelebhan Asesmenpedia adalah sebagai berikut.
  • Kemudahan untuk melihat soal-soal yang sudah ada di bank soal Asesmenpedia, mulai dari soal favorit dan soal yang sering diunduh. Soal-soal ini disusun oleh guru-guru hebat yang sudah bergabung di asesmenpedia.
  • Asesmenpedia dirancang lebih interaktif sebagaiamana sosial media. Para guru dapat saling memberikan komentar, menyukai atau tidak menyukai soal, memberikan rating pada soal, dan melaporkan masalah soal.
  • Guru dapat mengunduh soal-soal pilihan dan menyusunnya dalam sebuah paket soal. Para guru juga bisa mengunggah soal-soal hasil karya terbaik mereka ke dalam Asesmenpedia sebagai bentuk kolaborasi bersama guru-guru hebat di seluruh Indonesia.

Cara Mendaftar di Asesmenpedia

Untuk dapat memiliki akses penuh terhadap semua fitur yang ada pada Asesmenpedia, sahabat guru harus memiliki akun sebagai anggota. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, kunjungi laman Asesmenpedia berikut.
https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/asesmenpedia
Mengenal Asesmenpedia - www.gurnulis.id
Bagi sahabat guru yang belum mendaftar jangan lupa klik daftar. Masukkan informasi NIK, tanggal lahir, dan NPSN tempat sahabat bertugas. Setelah akun berhasil dibuat, selanjutnya cukup lakukan login untuk menikmati berbagai fitur di Asesmenpedia.

Oh ya, kalau Sahabat Guru sudah memiliki akun belajar.id malah lebih enak lagi lho. Sahabat bisa login menggunakan akun belajar.id. Penulis telah menikmati kemudahannya. Salam asesmen.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Asesmenpedia Pusmenjar"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel