RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 4.

Ulasan

Sahabat Gurnulis, penulis masih tetap berbagi mengenai RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ya. Kali ini penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 5 subtema 4. Kalau Sahabat sedang mencari-carinya, alhamdulillah penulis pun telah mempersiapkan file yang dapat diunduh.
 
Berliterasi pada definisi RPP, Rencana Pelakasanaan Pembelajaran atau RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan berdasarkan silabus. Fungsi dari RPP untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar atau KD.
 
Semua guru memiliki kewajiban yang sama untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran yang berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis para siswa.
 
RPP dengan format satu lembar disusun berdasarkan KD atau subtema yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Pada kesempatan ini penulis berbagi RPP untuk satu kali pembelajaran.
 
Format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 Tema 5 subtema 4 mengikuti surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang di dalamnya memuat komponen-komponen inti berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran.
Pada RPP ini. desain pembelajaran tematik di dalamnya tetap memiliki alur: (1) kegiatan pendahuluan; (2) kegiatan inti; (3) kegiatan penutup.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 1
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Pengalamanku
Subtema  : Subtema 4 Pengalaman yang Berkesan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 1/ Semester 2
Tema
 : 5 Pengalamanku
Subtema
 : 4 Pengalaman yang Berkesan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-3
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
  2. Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
  3. Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
  4. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
  5. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
  6. Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru berusaha memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
  • Guru melakukan apersepsi dengan cara mengulas kembali materi yang telah dibelajarkan pada hari sebelumnya
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa membaca dan menyimak teks di buku siswa.
    • Siswa diajak untuk menyanyikan lagu ”Hujan Rintik Rintik” bersama-sama.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa membuat gambar berdasarkan lirik lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa mendiskusikan informasi yang ada dalam teks tentng bagaimana cara menghitung banyaknya bola yang dimasukkan ke dalam ember oleh Beni dan Edo.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengidentifikasi masalah-masalah yang melibatkan penjumlahan dengan cara memberikan tanda (+) untuk masalah yang melibatkan penjumlahan dan memberi tanda (-) untuk masalah yang tidak melibatkan penjumlahan. (Creativity and Innovation)
  • Ayo mencoba.
    • Siswa membaca instruksi kegiatan.
    • Siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dengan mengerjakan soal di buku siswa.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks Edo Sakit. (Literasi)
    • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya atau mengutarakan pendapatnya mengenai isi teks.
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengidentifikasi kalimat yang sesuai dengan teks dengan cara menulis huruf ‘B’ untuk kalimat yang sesuai dengan teks, dan huruf ‘S’ untuk kalimat yang tidak sesuai dengan teks. (Creativity and Innovation)
  • Ayo bercerita.
    • Guru menanyakan kepada siswa, apakah pernah ada anggota keluarga siswa yang sakit? (Communication)
    • Siswa menceritakan pengalaman bekerja sama merawat anggota keluarga yang sakit.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Melakukan refleksi apa yang dipelajari, menanyakan perasaan siswa setelah melakukan kegiatan, kegiatan yang paling disukai, serta informasi yang ingin diketahui lebih lanjut. (Communication)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/ proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru
 

Daftar RPP Terkait

Berikut tautan-tautan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses untuk mempermudah pencarian RPP berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 1 tema 5 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga memberikan kemudahan.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel