Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Blog Gurnulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4 ya. RPP ini adalah RPP dengan format yang ringkas. Pada artikel kali ini Sahabat dapat menyimak ulasannya dan mengunduh file-nya.
 
Sebelumnya, penulis ingin mengingatkan pengertian RPP terlebih dahulu ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dideskripsikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini dijelaskan dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4 dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen tersebut terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru diberikan kebebasan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP sesuai dengan 3 prinsip di atas. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4 ini adalah untuk mempermudah kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Pertanyaannya, adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 5 Pengalamanku
Subtema  : Subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 5 Pengalamanku
Subtema
 : 4 Pengalamanku di Tempat Wisata
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
  2. Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
  3. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
  4. Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan baik.
  5. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
  6. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
  7. Dengan membaca langkah-langkah membuat “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan baik.
  8. Dengan mengikuti petunjuk pembuatan “Hiasan Pot Botol Bekas”, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa mengamati gambar gerbang Taman Nasional Bantimurung (mengamati).
    • Siswa membaca teks puisi “Pemandangan” (mecoba).
    • Siswa membaca dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspres yang tepat (mencoba).
    • iswa membaca puisi di depan kelas (mencoba). (Literasi, Creativity and Innovation)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mendengarkan temannya membacakan puisi (mengamati).
    • Siswa menyampaikan pendapatnya tentang penampilan temannya berpuisi (mengomunikasikan).
  • Ayo menulis.
    • Siswa menulis puisi berdasarkan kerangka yang dibuatnya (mencoba).
    • Siswa menukarkan lembar penulisan puisinya dengan teman sebangkunya (mencoba).
  • Ayo membaca.
    • Siswa membacakan puisi yang dibuatnya (mencoba).
    • Siswa memberikan penghargaan kepada temannya yang membacakan puisi ke depan kelas (mencoba). (Creativity and Innovation)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar Beni melihat dan menunjuk botol minuman berserakan di sekitar patung kupu-kupu (mengamati).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
    • Siswa dengan bimbingan guru menentukan jawaban yang benar (menalar).
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa membuat hiasan pot bunga dari botol bekas minuman (mencoba).
    • Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk menentukan ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan botol bekas (mengomunikasikan).
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar beberapa botol minuman bekas (mengamati).
    • Siswa bertanya jawab tentang tinggi botol minuman bekas (menanya)
  • Ayo belatih.
    • Siswa mengerjakan soal cerita tentang pemecahan masalah (menalar).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Untuk mempermudahkan Sahabat Pendidik mencari RPP lain yang berkaitan dengan RPP ini, penulis sajikan tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 5 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan dimanfaatkan untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 5 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel