RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Pendidik. Kali ini Blog Gurnulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4 ya. RPP ini adalah RPP dengan format yang ringkas. Pada artikel kali ini pun Sahabat dapat menyimak ulasannya dan mengunduh file-nya dalam bentuk Microsoft Word.
 
Sebelumnya, kita berliterasi pada pengertian RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dideskripsikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Hal ini dijelaskan dalam lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4 dalam format satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini menyoroti penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4 ini mengikuti kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen-komponen yang dimaksud terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru diberikan kebebasan untuk menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP sesuai dengan 3 prinsip di atas. Adapun tujuannya adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4 ini mempertimbangkan kerja guru. Guru-guru yang semula sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya, kini mereka bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Adakah standar baku untuk format penyusunan RPP? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 4 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 2
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Kebersamaan
Subtema  : Subtema 4 Kebersamaan di Tempat Wisata
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 2/ Semester 2
Tema
 : 7 Kebersamaan
Subtema
 : 4 Kebersamaan di Tempat Wisata
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu memahami sikap hidup rukun.
  2. Dengan membaca teks dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng dengan percaya diri.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/2 sebagai bagian dari keseluruhan.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/3 sebagai bagian dari keseluruhan.
  5. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/4 sebagai bagian dari keseluruhan.
  6. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alam.
  7. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi cara menggunakan bahan alam dan alat untuk membuat karya hiasan.
  8. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alam.
  9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa mampu membuat karya hiasan dengan bahan alam.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar.
    • Siswa mengamati gambar.
    • Siswa mencermati teks bacaan (mengamati).
    • Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
    • Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
    • Siswa diminta menulis pertanyaannya di kertas dan di tempel, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
    • Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal. (Critical Thingking and Problem Solving)
  • Ayo membaca.
    •  Siswa membaca teks dongeng “Asal-usul Kota Surabaya” dengan benar. (Literasi)
    • Guru memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca dengan benar.
    • Guru dapat menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca teks.
    • Guru dapat mencatat siswa yang sangat lambat membaca dan siswa yang sudah sangat lancar membaca.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa menjawab soal latihan yang berkaitan dengan isi dongeng “Asal-usul Kota Surabaya”. (HOTS)
  • Ayo berlatih.
    • Guru membimbing siswa menjawab soal latihan. (HOTS)
    • Siswa menjawab soal dengan menuliskan pecahan berdasarkan gambar.
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa membuat kreasi buaya dari tanah liat sesuai langkah-langkah pembuatan karya tiga dimensi. (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerja sama dengan orang tua.
    • Dengan bantuan orang tuanya, siswa dapat membuat karya dari bahan alam. (Mandiri)
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 2

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Untuk memudahkan Sahabat Pendidik mencari RPP lain yang berkaitan dengan RPP ini, penulis sajikan tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 2 tema 7 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Semoga bermanfaat dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema 7 Subtema 4"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel