RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Penulis hendak mengupas RPP satu lembar kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 yang sedang Sahabat Pendidik cari. Di sini Penulis mengupas komponen-komponen RPP. Penulis pun meyediakan file-nya yang dalam format Microsoft Word. Sahabat Pendidik dapat mengunduhnya pada tautan di bawah ulasan ini.

Mengikuti pernyataan yang terdapat pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP diartikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Ada tiga komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 tema 8 subtema 2 ini. Komponen adalah:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  3. penilaian pembelajaran  (asesmen);
Ketiga komponen di atas mengikuti arahan yang pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019. Seandainya Sahabat Gurnulis bertanya, bolehkah komponen inti ini ditambah dengan komponen lain? Jawabannya adalah boleh. Guru diperbolehkan untuk menambah komponen lain yang dianggap perlu. Ini bukanlah harga mati.

Kita bahas ketiga komponen inti di atas. Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. 

RPP satu lembar kurikulum 2013 dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema. Guru tidak harus membuat silabus karena Buku II KTSP (silabus) telah disusun oleh Pemerintah. Prinsip penyusunan RPP satu lembar kurikulum 2013 adalah efektif, efisien, dan berorientasi pada murid.  Efisien mempunyai maksud penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif mempunyai maksud penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid mempunyai maksud penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
 
Berikut adalah salah satu alternatif format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh dan pakai.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Praja Muda Karana
Subtema  : Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 8 Praja Muda Karana
Subtema
 : 2 Aku Anak Mandiri
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka berdasarkan teks yang dibaca dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
  4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai bangun datar dengan menggunakan gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.
  6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks tentang kemandirian dan kelengkapan seragam pramuka pada buku siswa (Literasi).
    • Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kelengkapan seragam pramuka.
    • Siswa juga menjawab pertanyaan guru tentang kegiatan yang dilakukan siswa secara mandiri.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks.
    • Siswa mengisi daftar kegiatan yang sudah dapat dilakukan secara mandiri.
    • Mengisi daftar kegiatan yang sudah dapat dilakukan secara mandiri, tidak diberi skor.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa bekerja secara berkelompok untuk berdiskusi membandingkan baju seragam sekolah dan seragam pramuka (Collaborative).
    • Siswa menuliskan persamaan dan perbedaan kelengkapan seragam sekolah dan seragam pramuka.
    • Siswa menceritakan hasil kelompok di depan teman-teman
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengamati bentuk bangun datar yang ditemukan pada atribut seragam pramuka.
    • Siswa mengelompokkan bentuk bangun datar yang ditemui pada atribut pramuka.
    • Siswa menuliskan bentuk bangun yang tidak/belum diketahui dan mencari tahu informasi tentang bangun datar tersebut. Siswa yang sudah paham akan menjadi sumber informasi bagi temannya yang belum paham.
  • Ayo menari.
    • Siswa membaca teks tentang lambang gerakan pramuka.
    • Siswa mengenal berbagai manfaat dari pohon kelapa.
    • Salah satu manfaat dari pohon kelapa adalah tempurung kelapa untuk menari.
    • Siswa berlatih menari sesuai tahapan.
    • Langkah pertama berlatih memegang tempurung kelapa, lalu menepukkan agar berbunyi.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut adalah daftar RPP yang terkait dengan RPP di atas. Untuk mempermudah pencarian, Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga membantu.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel