Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kembali dengan Blog Gurnulis di sini. Pada kesempatan yang baik ini penulis hendak membagikan RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 6 subtema 3. Selain memaparkan bagian-bagian dari RPP ini, penulis juga menyediakan file yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Ayo sama-sama kita simak.

Sebelumnya kita membahas hakikat RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terlebih dahulu ya. Bertolak dari Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Guru diwajibkan menyusun RPP dalam rangka memastikan pembelajarannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kebijakan merdeka belajar telah menyederhanakan RPP kurikulum 2013 hingga berformat satu lembar. Yang menjadi pertimbangannya adalah upaya efisiensi waktu. Pada awalnya para guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci hingga banyak menghabiskan waktu mereka. Padahal seharusnya mereka bisa lebih memfokuskan diri untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 3 ini disusun menggunakan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki arti dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki arti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berapa jumlah komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 3? Jawabannya ada tiga. Ada tiga komponen inti yang terdapat di dalamnya. Komponen-komponen tersebut yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah pembelajaran kegiatan;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen).
Komponen-komponen di atas tidaklah bersifat kaku, melainkan boleh untuk ditambah dengan komponen lain sekiranya diperlukan.

Kita membahas tiga komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 di atas. Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Berikut adalah salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 3 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Praja Muda Karana
Subtema  : Subtema 3 Aku Suka Bertualang
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 8 Praja Muda Karana
Subtema
 : 3 Aku Suka Bertualang
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol lalu lintas dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengumpulkan data dan mengelompokkannya menurut kategori tertentu.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca senyap teks yang ada pada Buku Siswa. Kegiatan ini dapat mewakili program penguatan literasi.
    • Siswa mengaitkan teks yang ada di buku dengan keadaan sehari-hari.
    • Siswa berbagi pengalaman tentang rambu lalu lintas yang pernah ditemui dibandingkan dengan rambu-rambu yang ditemui dalam teks.
    • Berikan tantangan kepada siswa untuk membuat rambu sesuai dengan imajinasinya. Lalu, minta siswa menjelaskan. Hal ini untuk memperkuat kemampuan siswa membaca simbol atau rambu (HOTS).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa berlatih mengenal rambu dan aturan lalu lintas.
    • Siswa mengamati gambar, lalu menggambarkan kembali rambu-rambu yang ada pada gambar. Siswa juga mengidentifikasi tindakan yang tidak sesuai dengan aturan lalu lintas pada gambar tersebut.
    • Untuk memperkuat karakter patuh terhadap peraturan, siswa berdiskusi tentang syarat membuat rambu agar mudah dipahami. Siswa juga dapat berdiskusi cara untuk membuat masyarakat dapat memahami dan mematuhi rambu-rambu (Critical thinking and Problem Solving).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa mengamati data dan berlatih membaca diagram dari contoh data yang tersedia.
    • Siswa mengumpulkan data tentang pengetahuan teman-teman akan rambu-rambu lalu lintas.
    • Siswa melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara (Communication).
    • Siswa membuat diagram berdasarkan data yang dihasilkan.
  • Ayo berkreasi.
    • Siswa mengamati gambar dekoratif yang ada pada buku.
    • Siswa mempelajari fungsi titik dan garis dalam gambar dekoratif.
    • Siswa berlatih membuat gambar dekoratif pada gambar kendaraan (Creativity and Innovation).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 3

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga dapat mendukung proses pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel