RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 untuk dibagikan. Di samping mengupas bagian-bagian dari RPP-nya, penulis pun telah menyediakan file dalam format Microsoft Word di sini. Sahabat boleh mengunduh pada tombol yang berada di bawah ulasan ini.

Dengan merujuk pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dapat diartikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus. Selain dikembangkan dari silabus, RPP juga disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Tujuan guru menyusun RPP adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didiknya dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik memiliki tanggung jawab untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP dapat dibuat untuk satu atau lebih pertemuan. Penyusunan RPP sendiri bukan merupakan pekerjaan yang administratif, tetapi bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Merujuk pada surat edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti RPP satu lembar, dalam hal ini RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 1 ini, adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran atau asesmen.
Berikut penulis berikan salah satu alternatif format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 1 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 3
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Praja Muda Karana
Subtema  : Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 3/ Semester 2
Tema
 : 8 Praja Muda Karana
Subtema
 : 1 Aku Anggota Pramuka
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.
  3. Setelah bernyanyi, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ dengan benar.
  4. Setelah bernyanyi, siswa dapat memeragakan pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.
  6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menentukan sudut melalui gambar atau menggunakan benda konkret dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo bernyanyi.
    • Siswa berbagi cerita tentang pengalaman mengikuti kegiatan pramuka. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri yang berhubungan dengan pramuka.
    • Siswa berlatih tepuk pramuka.
    • Siswa diajak berlatih membuat variasi tepuk tangan untuk mengiringi sebuah lagu.
    • Siswa mengenal salah satu lagu pramuka, yaitu Pantun Pramuka.
    • Siswa berlatih menyanyikan lagu Pantun Pramuka secara mandiri dan berkelompok (Collaborative).
    • Siswa mengamati irama setiap bait.
    • Siswa berlatih menentukan bait lagu yang memiliki irama yang sama, mirip, dan berbeda.
  • Ayo berlatih.
    • Anggota pramuka dilatih untuk mengenal dan mencintai negaranya melalui kegiatan pengenalan lagu kebangsaan, lambang negara, dan bendera negara republik Indonesia.
    • Lambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila. Lagu kebangsaan Indonesaia adalah lagu Indonesia Raya, dan bendera Indonesia adalah sang saka merah putih.
    • Pramuka juga memiliki lambang. Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa.
    • Siswa berdiskusi mengenai lambang lainnya. Lalu, siswa diminta untuk menyimpulkan pentingnya suatu lambang. Lambang digunakan sebagai identitas.
    • Siswa mengerjakan tugas yang ada pada buku, tentang pengenalan simbol/lambang negara dan gerakan pramuka.
    • Setelah siswa mengenal lambang negara dan bendera negara Indonesia, siswa berlatih melakukan gerakan hormat bendera yang benar.
    • Siswa melakukan kegiatan secara berpasangan. Secara bergantian siswa akan melakukan gerakan hormat bendera (Collaborative).
    • Ketika ada aba-aba “hormat gerak”, posisi badan tegak, telapak kanan di buka ujung jari tengah diletakkan di ujung alis kanan membentuk sudut.
    • Ketika ada aba-aba “tegak gerak” kembalikan tangan seperti sikap sempurna.
    • Siswa mengamati posisi tangan saat hormat, dimana membentuk sudut.
    • Siswa membuat definisi tentang sudut berdasarkan gambar contoh sudut (HOTS).
    • Siswa mengamati gerak tubuh lainnya yang membentuk sudut.
    • Siswa berlatih menjiplak tepi lurus pada gambar tangan Udin posisi menghormat bendera.
    • Siswa membaca penjelasan tentang bagian-bagian sudut.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 3

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 3 tema 8 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel