RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 2.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sahabat masih bersemangat dengan pembelajarannya bukan? Untuk menambah semangat, kali ini penulis bagikan file RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 2. Kalau Sahabat tengah menggunakan RPP dalam format yang disederhanakan, tentunya bahasan ini sangat membantu.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP satu lembar kurikulum 2013 dikembangkan dengan prinsip-prinsip berikut.
  • RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan  silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  • Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik  sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  • Mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung
  • Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  • RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan,  pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  • Keterkaitan dan keterpaduan.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI  dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  • Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan  komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. 
 
Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 2 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu diingat, Kementerian Pendidikan sendiri tidak membakukan format RPP satu lembar ini, jadi RPP ini adalah RPP satu lembar yang bersifat inspiratif.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Subtema  : Subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 6 Panas dan Perpindahannya
Subtema
 : 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membuat peta konsep, siswa mampu menjelaskan isi teks penjelasan dari media cetak secara benar.
  2. Dengan melalui gambar, siswa mampu menjelaskan cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.
  3. Dengan melakukan percobaan mengggunakan sendok dan air panas, siswa mampu membuktikan perpindahan kalor secara konduksi secara mandiri.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo berdiskusi. 
    • Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali sumber-sumber energi panas tersebut dan berdiskusi dengan temannya (Creativity and Innovation).
  • Ayo membaca.
    • Siswa mencari informasi tentang bagaimana panas bisa berpindah pada bacaan yang berjudul “Perpindahan Panas atau Kalor”.
    • Siswa menggaris bawahi informasi-informasi penting yang ia temukan dari bacaan, siswa diperbolehkan untuk membuat catatan kecil tentang konsep-konsep penting yang ia temukan dalam bacaan.
  • Ayo menulis.
    • Guru meminta siswa untuk membaca kembali bacaan sebelumnya, siswa mencermati kem- bali bacaan yang disajikan dan mencari kata-kata kunci atau hal- hal penting dari setiap paragraf serta menuliskannya (HOTS).
  • Ayo membaca.
    • Guru menggunakan teks percakapan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang perpindahan kalor secara konduksi.
    • Siswa meggaris bawahi informasi penting yang ia temukan dalam bacaan dan mengidentifikasikan kata-kata sulit yang ia temukan dalam bacaan (HOTS).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa melakukan percobaan dan pengamatan tentang perpindahan panas secara konduksi.
  • Ayo renungkan.
    • Siswa menuliskan hal-hal baru yang ia dapatkan dari kegiatan pembelajaran yang ia lakukan pada hari ini (HOTS).
    • Siswa menuliskan sikap dan keterampilan yang ia kembangkan pada pembelajaran hari ini (Mandiri).
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bersama dengan orang tua di rumah mencari dan melakukan kegiatan yang menunjukkan cara perpindahan kalor secara konduksi (Gotong Royong).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • eserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis sajikan daftar RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 6 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 6 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel