Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Subtema 1.

Ulasan

Assalamualaikum Sahabat Gurnulis. Sedang mempersiapkan pembelajaran semester 2 dengan RPP satu lembar kah? Kalau iya, alhamdulillah kita dipertemukan pada blog yang tepat. Penulis pada kesempatan ini hendak berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 7 subtema 1. Di samping mengupas komponen-komponennya, penulis pun telah mempersiapkan file yang dapat Sahabat Gurnulis unduh.

Beberapa pendidik bisa saja belum mengetahui definisi dari RPP. Dengan beracuan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan  silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.

Penyederhanaan RPP hingga berformat satu lembar ini bertujuan untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.

Esensi dari sebuah RPP bukan sekedar berasal dari penulisan RPP-nya melainkan tentang proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang terjadi. Guru saat menulis sebuah RPP, kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dan guru melihat RPP-nya kembali untuk melakukan refleksi apakah maksud dari RPP yang disusun telah tercapai dalam proses pembelajaran. 

RPP satu lembar kurikulum 2013 terdiri dari tiga komponen inti, yaitu:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah pembelajaran  (kegiatan);
  • penilaian pembelajaran (asesmen).
Guru boleh menambahkan komponen-komponen lain yang dianggap perlu. Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 7 subtema 1 yang dapat Sahabat Gurnulis unduh. Perlu digaris bawahi bahwa format ini bukanlah format baku. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan guru mengembangkan RPP sesuai dengan kebutuhan.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 5
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema  : Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 5/ Semester 2
Tema
 : 7 Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema
 : 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia secara benar.
  2. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat menjelaskan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan menggunakan kosakata baku secara tepat.
  3. Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
  4. Dengan berdiskusi tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi dan informasi sebuah teks secara tepat.
  5. Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menunjukkan perbedaan sifat wujud benda (padat, cair, dan gas).

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan sintaks model Discovery Learning.
    • Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar mengenai macam-macam peristiwa dalam kehidupan.
    • Siswa mengamati dan menganalisis gambar dan percakapan secara cermat.
    • Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai pretest.
    • Siswa mengamati gambar pada buku.
    • Siswa melatih kemampuan menganalisis gambar dengan panduan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa (HOTS).
    • Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi semua jawaban siswa.
    • Guru mengajak siswa mencari keterkaitan gambar dengan peristiwa penjajahan yang dialami oleh bangsa Indonesia.
    • Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai dengan bacaan.
    • Siswa berdiskusi untuk mengerjakan tugas pada buku siswa tentang ulasan teks yang berjudul “Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat”.
  • Ayo mencoba (sintaks model Project Based Learning).
    • Siswa bersama kelompoknya melakukan studi pustaka dengan mencari informasi mengenai kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan membaca buku, majalah, surat kabar, atau artikel internet (Creativity and Innovation).
    • Guru mengajak siswa secara bersama-sama membuat kesimpulan (Collaburation).
  • Ayo menulis.
    •  Siswa mengartikan kembali semboyan 3G (Gold, Gospel, dan Glory).
  • Ayo berlatih.
    • Siswa secara mandiri membuat cerita pengandaian berkaitan dengan kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan melengkapi kalimat rumpang.
    • Siswa mengerjakan sesuai dengan pemahaman, pemikiran, dan sikapnya sendiri.
    • Pada akhir kegiatan ini, guru mempersilakan beberapa siswa secara sukarela menceritakan hasil kerjanya.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca bacaan berjudul "Sifat-Sifat Benda" (Literasi).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
  • Ayo renungkan.
    • Siswa mengisi kolom mengenai penerapan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pemahaman siswa.
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati kegiatan sehari-hari di rumah yang menunjukkan perpindahan kalor.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa saja yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak (Mandiri).
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas proyek/ produk/ portofolio/ unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 5

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut merupakan daftar link ke RPP lain yang terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 5 tema 7 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 7 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel